Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Menelan Biji Anggur Berbahaya bagi Kesehatan?

Kompas.com - 08/03/2024, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Anggur merupakan buah yang menyegarkan, lezat, dan bergizi. Anggur dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan campuran makanan lain, seperti yogurt atau es krim.

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya, anggur menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan. Namun, bagaimana dengan biji anggur? Apakah menelannya bisa berbahaya bagi kesehatan atau justru bermanfaat?

Apakah biji anggur aman dikonsumsi?

Biji anggur berukuran kecil dan terdapat di tengah buahnya. Anggur mungkin memiliki satu atau beberapa biji di dalamnya.

Beberapa orang menganggap biji anggur memiliki rasa yang pahit. Meskipun tidak lezat, menelan biji anggur, secara umum, tidak akan membahayakan kesehatan.

Baca juga: Konsumsi Anggur Membuat Sunscreen Bekerja Lebih Efektif, Kok Bisa?

Faktanya, biji anggur yang dihaluskan digunakan untuk membuat minyak biji anggur dan ekstrak biji anggur, yang telah menjadi makanan sehat yang populer.

Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa ekstrak biji anggur memiliki khasiat pengencer darah, sehingga dapat mengganggu pengobatan pengencer darah atau tidak aman bagi penderita gangguan pendarahan.

Meski demikian, kebanyakan orang mungkin tidak akan berisiko tinggi mengalami interaksi ini hanya dengan mengonsumsi buah anggur utuh dalam jumlah yang wajar. Agar aman, selalu bicarakan dengan dokter untuk mendiskusikan potensi risiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com