Seperti Apa Sisa Anggur Berusia 5.000 Tahun dari Mesir Kuno?

Kompas.com - 12/10/2023, 12:30 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Dalam sebuah penggalian, arkeolog menemukan banyak barang kubur di makam ratu Mesir Kuno dari dinasti pertama, Meret-Neith.

Salah satu barang kubur yang menarik perhatian adalah ratusan toples besar anggur yang masih sangat terawat baik, bahkan beberapa di antaranya masih tersegel.

Temuan arkeologi ini memperkuat dugaan bahwa Meret-Neith adalah orang yang sangat penting, bahkan mungkin firaun perempuan pertama di Mesir.

Selain toples anggur yang berisi biji anggur berserta sisa anggur, peneliti menemukan prasasti yang menyatakan, Meret-Neith bertanggung jawab atas kantor-kantor penting, seperti perbendaharaan kerajaan. Hal ini menambah bukti sebelumnya tentang pentingnya peran ratu.

Penggalian arkeologi ini diharapkan dapat mengungkap informasi lebih lanjut tentang kehidupan ratu, serta periode sejarahnya.

Baca juga: Seperti Apa Tempat Mumifikasi Mesir Kuno Berusia 2400 Tahun?

Penemuan sisa anggur di makam Mesir kuno tersebut juga dapat mengajarkan kita tentang pembuatan anggur yang paling awal.

"Penemuan toples anggur yang tersegel bersama dengan biji anggur yang diawetkan dengan baik memiliki potensi untuk secara signifikan membangun pemahaman tentang produksi, penggunaan, dan perdagangan anggur paling awal di Mediterania kuno dan Afrika Utara," kata Emlyn Dodd, dosen di Institute of Classical Studies yang tidak terlibat dalam studi ini.

“Analisis residu yang tertinggal di dalam stoples, misalnya, dapat menjelaskan komposisi kimia anggur yang pernah ada di dalamnya, mengungkap profil rasa dan bahan tambahan apa pun yang digunakan,” tambahnya seperti dikutip dari IFL Science, Rabu (11/10/2023).

Makam Mesir kuno

Dilansir dari Science Alert, dalam eksplorasi ini peneliti menggunakan teknologi arkeolgi baru untuk lebih memahami bagaimana monumen pemakaman Meret-Neith dibangun.

Kompleks pemakaman Meret-Neith, lokasi ditemukannya sisa anggur ini dibangun dari batu bata, tanah liat, dan kayu yang belum dipanggang, termasuk makam 41 anggota istana dan pelayan yang dikebumikan bersamanya.