Seperti Apa Mumi Lebah dari Zaman Firaun yang Ditemukan di Portugal?

Kompas.com - 25/08/2023, 14:16 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Ratusan mumi lebah ditemukan di dalam kepompongnya, yang dihasilkan hampir 3.000 tahun yang lalu.

Mumi-mumi lebah ini ditemukan di sebuah situs paleontologi baru yang ada berada di pantai Odemira, Portugal.

Jika memperkirakan usia temuan mumi lebah dalam kepompongnya ini, maka di tahun-tahun tersebut, Firaun Siamun masih berkuasa di Mesir Hilir pada 2.975 tahun yang lalu, dikutip dari Phys, Jumat (25/8/2023).

Tak hanya zaman Mesir masih berjaya, di China pada periode tahun yang sama masih dikuasai Dinasti Zhou, serta di Israel saat Salomo akan menggantikan takhta Daud.

Sementara di wilayah yang sekarang disebut Portugal, banyak suku yang menuju akhir Zaman Perunggu.

Terutama di wilayah pantai barat daya Portugal, yang kini menjadi Odemira. Kejadian langka terjadi, di mana ditemukannya ratusan lebah mati dan menjadi mumi di dalam kepompong mereka, lalu diawetkan dalam detail anatomi terkecil.

Baca juga: Seperti Apa Ribuan Mumi Kepala Domba yang Ditemukan di Kuil Mesir?

Fosilisasi mumi lebah yang langka

Kepompong mumi lebah yang ditemukan tersebut, dihasilkan dari metode fosilisasi yang sangat langka. Sebab, biasana kerangka serangga seperti lebah dapat dengan cepat terurai yang disebabkan karena komposisi kitin yakni suatu senyawa organik.

"Tingkat pengawetan lebah ini sangat luar biasa sehingga kami dapat mengidentifikasi tidak hanya detail anatomi yang menentukan jenis lebah, tetapi juga jenis kelamin, bahkan pasokan serbuk sari monoflora yang ditinggalkan oleh induk lebah saat membentuk kepompong," kata Carlos Neto de Carvalho, koordinator ilmiah Geopark Naturtejo, dan peneliti yang berkolaborasi dengan Instituto Dom Luiz, di Fakultas Ilmu Pengetahuan Universitas Lisboa-Ciências ULisboa, Portugal.

Penemuan mumi lebah yang unik ini, menurut ahli paleontologi, telah mengarah pada identifikasi empat situs paleontologi dengan kepadatan fosil kepompong lebah yang tinggi. Jumlahnya mencapai ribuan dalam satu persegi berukuran satu meter di setiap sisinya.

Situs-situs di mana lokasi penemuan ratusan mumi lebah dalam kepompong tersebut ditemukan di antara Vila Nova de Milfontes dan Odeceixe, di pesisir Odemira.