Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Anggur Muscat adalah anggur varietas Eropa yang berukuran besar, berbiji emas kehijauan, dengan rasa manis dan aroma yang lembut.

Selain dikonsumsi langsung, anggur Muscat biasanya diolah untuk menghasilkan wine atau dijadikan kismis.

Anggur yang juga dikenal dengan nama Muscatel, Moscato, dan Moskatel ini berasal dari Italia dan spesiesnya mencakup lebih dari 200 varietas.

Asal-usul anggur Muscat

Melansir Nature's Produce, teori tentang asal muasal anggur Muscat berasal dari nenek moyang varietas tersebut sejak zaman Mesir kuno dan Persia pada zaman kuno (3000-1000 SM).

Sementara itu, beberapa ampelografer, seperti Pierre Galet, percaya bahwa keluarga varietas Muscat disebarkan pada periode zaman kuno klasik (800 SM hingga 600 M) oleh orang Yunani dan Romawi.

Baca juga: Salah Satu Tanaman Tertua di Dunia, dari Mana Asal Anggur?

Meski produksi wine memiliki sejarah panjang di Mesir dan Persia kuno, penulis klasik, seperti Columella dan Pliny the Elder, mendeskripsikan varietas anggur yang sangat “mirip muscat” seperti Anathelicon Moschaton dan Apianae yang sangat manis dan menarik lebah.

Meski demikian, tidak ada bukti sejarah yang kuat bahwa anggur-anggur awal ini adalah anggota keluarga Muscat.

Penyebutan anggur yang pertama kali didokumentasikan yang disebut “muscat” ada dalam karya Bartholomeus Anglicus, seorang Skolastik Paris awal abad ke-13 dan anggota ordo Fransiskan, yang menulis tentang wine yang dibuat dari anggur Muscat dalam karyanya De proprietatibus rerum.

Karya tersebut ditulis antara tahun 1230 dan 1240, ketika Anglicus sedang belajar di tempat yang sekarang disebut Saxony modern, Jerman.

Karya Latin Anglicus diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis pada tahun 1372 dengan wine yang digambarkan oleh Anglicus sebagai “vin extrait de raisins muscats" atau "wine yang diekstraksi dari anggur Muscat".

Baca juga: Kembali dari Luar Angkasa, Wine dan Anggur Diteliti Ilmuwan Perancis, Ini Hasilnya

Manfaat anggur untuk kesehatan

Melansir BBC GoodFood, berikut adalah beberapa manfaat anggur untuk kesehatan.

1. Sumber antioksidan

Anggur merupakan sumber senyawa alami, termasuk polifenol, katekin, dan antosianin. Selain menyediakan pigmen untuk warna buah anggur, senyawa tersebut juga memiliki sifat antioksidan pelindung.

Jus anggur adalah salah satu sumber senyawa fenolik terkaya di antara buah-buahan, dan yang paling populer adalah kandungan resveratrol.

2. Mendukung kesehatan jantung

Anggur menyediakan serat dan potasium, yang berguna dalam mendukung fungsi jantung termasuk tekanan darah.

Polifenol dalam anggur, termasuk resveratrol dan quercetin, juga dianggap bermanfaat bagi sistem kardiovaskular dengan melindunginya dari kerusakan inflamasi dan oksidatif.

Baca juga: Temuan Guci di Bawah Laut Ungkap Praktik Pembuatan Anggur Zaman Romawi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com