Kembali dari Luar Angkasa, Wine dan Anggur Diteliti Ilmuwan Perancis, Ini Hasilnya

Kompas.com - 28/03/2021, 18:02 WIB


KOMPAS.com- Kembali dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), kapsul SpaceX turut membawa sejumlah benda untuk diteliti, salah satunya sejumlah potongan buah anggur dan beberapa botol wine asal Perancis.

Sekembalinya ke Bumi, para ilmuwan Perancis kemudian mempelajari selusin botol wine Perancis dan ratusan potongan tanaman anggur yang kembali ke Bumi setelah setahun berada di luar angkasa.

Salah satu merek minuman wine terkenal di Perancis, Chateau Petrus Pomerol, dikirim ke ISS pada November 2019 dengan kapal pemasok logistik luar angkasa, Northrop Grumman.

SpaceX juga meluncurkan 320 potongan buah anggur merlot dan wine cabernet sauvignon pada Maret tahun lalu ke luar angkasa, dikutip dari The Independent, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: Tangkal Krisis Pangan di Bumi, Perusahaan Ini Bikin Kebun di Luar Angkasa

 

Logistik ini kemudian kembali ke Bumi pada Januari 2021 lalu dengan menaiki kapsul SpaceX Dragon.

Jane Anson, ahli minuman fermentasi anggur atau wine dan penulis The Decanter, mengatakan bahwa anggur yang bertahan di Bumi terasa 'sedikit lebih muda dibandingan yang pernah ke luar angkasa'.

Eksperimen pengiriman bahan makanan ke luar angkasa, menjadi salah satu misi untuk mempelajari tumbuhan di Bumi dapat lebih tahan terhadap perubahan iklim.

Selain itu, dengan dikirimkannya anggur dan wine ke ISS, para ilmuwan Perancis ini berharap bisa memahami proses penuaan dan fermentasi pada anggur yang kembali dari misi luar angkasa.

Baca juga: Bakteri Tak Dikenal Ditemukan di Stasiun Luar Angkasa Internasional, Apa Itu?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.