Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Ahli Akhirnya Temukan Penyebab Blueberry Berwarna Biru

Kompas.com - 23/02/2024, 14:06 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Biru adalah warna yang langka di alam dan hanya sedikit senyawa organik alami yang memberi warna biru pada makhluk hidup.

Meski demikian, blueberry memiliki warna biru yang sangat pekat, sesuai dengan namanya. Terkait hal ini, para ilmuwan baru-baru ini menemukan penyebab warna biru pada blueberry.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada 7 Februari 2024 di jurnal Science Advances, para peneliti menemukan bahwa kristal-kristal kecil yang tersusun secara acak di lapisan lilin buah blueberry menyebarkan cahaya yang membuat buah ini tampak berwarna biru.

Menurut Rox Middleton, peneliti di Universitas Bristol, Inggris, warna biru blueberry tidak bisa 'diekstraksi' dengan cara diperas karena warna biru tersebut tidak disebabkan oleh pigmen dalam buahnya. Itu sebabnya para ahli menduga ada hal lain yang menyebabkan warnanya.

Baca juga: 7 Manfaat Blueberry untuk Kesehatan yang Terbukti Secara Ilmiah

Meskipun blueberry mengandung pigmen kuat yang disebut antosianin, warna pigmen tersebut adalah ungu kemerahan, sangat berbeda dengan warna pada kulit blueberry. Namun, seperti kebanyakan tanaman, blueberry dilapisi lilin pelindung yang berfungsi sebagai lapisan kedap air dan penghalang terhadap infeksi.

Middleton dan rekan-rekannya menduga warna biru tersebut berasal dari bagian luar buah. Jadi, mereka mengambil sampel lilin dari blueberry dan mengkristalkannya kembali pada selembar karton.

Hasilnya, terciptalah lapisan kristal ultra-tipis dengan warna khas blueberry. Ketika mereka mengamati lebih dekat lapisan ini, mereka menemukan distribusi acak struktur kristal di dalam lilin yang menyebarkan sinar biru dan UV untuk menghasilkan warna khas buah tersebut.

Middleton mengatakan, penelitian ini menunjukkan bahwa alam telah berevolusi menggunakan trik yang sangat rapi. Lebih menarik lagi, menurutnya, kita bisa mereproduksi warna tersebut dengan memanen lilin untuk membuat lapisan biru baru yang belum pernah dilihat siapa pun sebelumnya.

Baca juga: Bukan Cuma Indah, Ini Tujuan Bunga Punya Warna-warni

Penemuan ini membuka peluang menarik untuk pelapis dan pewarna biru yang berkelanjutan dan biokompatibel. Ini dapat digunakan dalam banyak hal, mulai dari konstruksi hingga cat otomotif.

Namun, fungsi lilin ini yang luas dan sebagian besar belum diketahui pada tanaman juga berarti bahwa pewarna baru ini berpotensi memiliki banyak khasiat bermanfaat lainnya yang bahkan belum dieksplorasi oleh para peneliti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com