Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 09:34 WIB
Sarah Adhira Rahmah,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendapat yang berbeda bisa dijumpai pada hubungan hitam dan statusnya sebagai warna.

Secara ilmiah, hitam tidak memiliki spektrum atau panjang gelombang spesifik. Hal ini mendasari pendapat sains bahwa hitam bukanlah warna.

Baca juga: Berusia 1,1 Miliar Tahun, Pink adalah Warna Tertua di Dunia

Namun di sisi lain, sebagian orang berpendapat bahwa hitam dan putih termasuk warna karena berbagai benda bisa dilihat berwarna hitam ataupun putih.

Lantas, mengapa demikian?

Hitam bukan warna, karena...

Dikutip dari laman American Chemical Society, warna bisa terlihat oleh mata akibat adanya cahaya tampak pada spektrum spesifik yang dipantulkan oleh benda.

Cahaya tampak terdiri atas cahaya dengan panjang gelombang atau spektrum yang bisa ditangkap mata manusia.

Seluruh benda di alam semesta memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menyerap dan memantulkan cahaya. Ketika cahaya tampak mengenai suatu benda, benda tersebut akan menyerap sebagian cahaya pada spektrum tertentu, lalu memantulkan cahaya pada spektrum lainnya.

Mata akan melihat cahaya yang terpantulkan atau yang tidak terserap oleh benda tersebut.

Tinta berwarna hitam tersusun dari berbagai pigmen warna yang bisa menyerap hampir seluruh warna pada setiap panjang gelombang atau spektrum cahaya tampak.

Maka itu, tinta hitam akan memantulkan hanya sedikit cahaya pada spektrum tertentu.

Colormatters.com menjelaskan bahwa warna yang terlihat sederhananya merupakan tingkat keberadaan warna tersebut dalam cahaya yang dipantulkan.

Baca juga: Mengapa Warna Ungu Identik dengan Kerajaan?

Untuk lebih akurat, warna merefleksikan panjang gelombang dalam rentang nanometer yang ditangkap oleh sel kerucut retina mata.

Selain itu, seperti disiarkan Britannica, warna hitam pada benda, misalnya baju hitam, akan disebut sebagai hitam oleh otak manusia karena masih ada sebagian kecil cahaya yang dipantulkan oleh baju tersebut dan ditangkap oleh mata manusia.

Semakin gelap dan pekat warna hitam yang ada, maka semakin sedikit cahaya yang dipantulkan oleh benda hitam tersebut.

Hitam bisa disebut warna sebagai sensasi visual

Meskipun demikian, hitam dan putih bisa dianggap sebagai warna ketika asumsi yang digunakan adalah warna merupakan sensasi visual yang ditangkap mata dari hasil pemantulan cahaya pada suatu benda.

Dalam jurnal Color Research and Application (2021) José Luis Caivano menjelaskan lebih lanjut mengenai kondisi-kondisi di mana hitam dan putih bisa disebut sebagai warna, salah satunya adalah ketika definisi warna ini didasari pada respon visual dari mata makhluk hidup.

Baca juga: Bukan Hitam, Ini Warna Asli Alam Semesta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com