Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Buka Lowongan Uji Simulasi Habitat Mars, Untuk Apa?

Kompas.com - 23/02/2024, 11:00 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - NASA kini tengah mencari sukarelawan yang bersedia untuk menghabiskan waktu di simulasi lingkungan Mars selama setahun penuh.

Misi simulasi Mars yang disebut CHAPEA (Crew Health and Performance Exploration Analog) yang kedua ini dijadwalkan berlangsung pada musim semi 2025.

Baca juga: Kenapa Pilih Bikin Koloni di Mars daripada di Bulan?

Sementara batas penerimaan permohonan menjadi sukarelawan adalah 2 April.

Sebelumnya, misi simulasi Mars pertama telah dilakukan pada Juni 2023 lalu.

Simulasi Mars

Mengutip Gizmodo, Kamis (22/2/2024) nantinya akan empat orang yang terpilih untuk tinggal dan bekerja di dalam habitat cetak 3D seluas 1.700 kaki persegi yang mirip dengan kondisi Mars.

Misi simulasi ini merupakan bagian dari upaya NASA untuk mempersiapkan eksplorasi manusia di Planet Merah.

Baca juga: Bakteri Penyebab Manusia Sakit Bertahan Hidup di Mars, Apa Dampaknya?

Simulasi habitat yang disebut Mars Dune Alpha terletak di Johnson Space Center NASA di Houston, Texas.

Simulasi memiliki dapur, dua kamar mandi, kamar tidur pribadi, area kerja, dan area rekreasi untuk bersosialisasi.

Sayangnya, rektrutmen untuk misi ini terbatas pada warga negara Amerika Serikat yang berusia 30 hingga 55 tahun, sehat dan tidak merokok.

Selain itu juga peserta juga harus memiliki gelar master di bidang sains, teknologi, teknik, atau matematika, yang dikenal sebagai STEM serta pengalaman profesional di bidang tersebut selama 2 tahun atau pengelaman uji coba 1000 jam.

Sebelum melamar pastikan bahwa ini bukan merupakan liburan setahun ya.

Keempat sukarelawan akan menjalankan tugas berbeda-beda seolah-olah dalam misi ke Mars, termasuk simulasi perjalanan luar angkasa, operasi robot, pemeliharaan habitat, kebersihan pribadi, olahraga, dan pertumbuhan tanaman.

Para kru misi juga harus menghadapi penundaan komunikasi yang realistis seperti yang terjadi di Mars yakni hingga 22 menit.

CHAPEA dirancang untuk memantau kinerja kru sepanjang tahun untuk membantu memahami tantangan fisik dan mental yang mungkin dialami astronot di Mars.

Dengan tujuan membuat koloni di Mars dalam jangka panjang, peneliti harus mempertimbangkan potensi dampakanya terhadap kesehatan fisik dan mental serta perilaku.

Baca juga: Zat Pemercepat Produksi Oksigen dari Air di Mars Telah Ditemukan

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa hanya diperlukan 22 orang untuk mempertahankan koloni di Mars, dan bahwa penghuni Mars tersebut harus memiliki kepribadian yang menyenangkan untuk memastikan kelangsungan hidup yang lebih baik di Planet Merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com