Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Pisang Termasuk Beri, tapi Stroberi Tidak?

Kompas.com - 22/06/2023, 21:38 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Mungkin banyak dari kita yang terkejut saat mengetahui bahwa pisang sebenarnya termasuk buah beri.

Kebanyakan orang menganggap buah beri adalah buah kecil dengan rasa manis dan asam, seperti stroberi, raspberry, dan blackberry.

Namun, secara botani, buah-buahan tersebut tidak diklasifikasikan sebagai buah beri, sementara pisang, dan buah lain yang mungkin tidak Anda duga, termasuk beri.

Kenapa pisang termasuk beri?

Dilansir dari Live Science, Judy Jernstedt, profesor ilmu tumbuhan di University of California, mengatakan bahwa kesalahpahaman tentang beri muncul karena orang menyebut buah-buahan tertentu sebagai "beri" ribuan tahun sebelum para ilmuwan menemukan definisi yang tepat untuk beri. 

Baca juga: Dari Mana Asal Buah Stroberi?

Meski terdengar mengejutkan, secara botani, pisang dianggap sebagai buah beri. Sebelumnya, perlu dipahami bahwa kategori buah ditentukan oleh bagian tanaman yang berkembang menjadi buah. 

Misalnya, beberapa buah berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium, sementara yang lain berkembang dari bunga yang mengandung beberapa ovarium. Di samping itu, biji buah dikelilingi oleh tiga struktur utama, yakni:

  • Exocarp: Kulit atau bagian luar buah.
  • Mesocarp: Daging atau bagian tengah buah.
  • Endocarp: Bagian dalam yang membungkus benih atau biji.

Karakteristik utama dari struktur ini yang selanjutnya berkontribusi pada klasifikasi buah. Misalnya, untuk dianggap sebagai buah beri, buah harus berkembang dari satu ovarium tunggal dan memiliki eksocarp lunak dan mesocarp berdaging. Endocarp juga harus lunak dan dapat menampung satu atau lebih biji.

Baca juga: Mengapa Buah Nangka Baik untuk Kesehatan?

Dilansir dari Healthline, pisang memenuhi semua persyaratan ini. Pisang berkembang dari bunga yang mengandung satu ovarium, memiliki kulit yang lembut dan bagian tengah yang berdaging. Tak hanya itu, pisang mengandung beberapa biji yang berukuran kecil.

Buah apa saja yang termasuk beri?

Pisang bukan satu-satunya buah yang termasuk dalam subkategori beru. Berikut adalah buah-buahan tak terduga lainnya yang dianggap buah beri secara botani:

  • Tomat
  • Anggur
  • Kiwi
  • Alpukat
  • Paprika
  • Terong
  • Jambu biji

Sama seperti pisang, semua buah tersebut berkembang dari bunga yang mengandung satu bakal buah, memiliki bagian tengah berdaging, dan mengandung satu atau lebih biji. 

Baca juga: 5 Alasan Buah Naga Sangat Sehat dan Baik untuk Dikonsumsi

Faktor-faktor tersebut membuat buah-buah ini menjadi beri secara botani, meski jarang dianggap demikian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com