Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Ada Hewan yang Tidak Tidur Sama Sekali?

Kompas.com - 22/06/2023, 17:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidur sangat penting bagi manusia. Kurang tidur dapat membahayakan kesehatan dan mengganggu fungsi tubuh.

Kurang tidur dalam jangka panjang dikaitkan dengan sejumlah efek buruk bagi kesehatan, mulai dari penyakit jantung, stroke, penambahan berat badan, dan diabetes.

Hubungan ini dan fakta bahwa semua hewan pun tidur, menunjukkan bahwa tidur juga memainkan fungsi penting bagi hewan. 

Adakah hewan yang tidak tidur sama sekali?

Meskipun sulit tidur bisa berbahaya, beberapa hewan dapat bertahan dengan waktu tidur yang sangat singkat. Menurut ilmuwan, hewan-hewan tersebut bisa menjadi kunci untuk memahami fungsi tidur. 

Baca juga: 7 Hewan Penghuni Amazon, Ada Ular Besar dan Burung Warna-warni

Dilansir dari Live Science, sebuah studi yang diterbitkan di Jurnal Science Advances memantau kebiasaan tidur lalat buah. 

Peneliti Giorgio Gilestro, dosen biologi sistem di Imperial College London, mengatakan bahwa ilmuwan telah menemukan beberapa lalat yang hampir tidak pernah tidur.

Gilestro dan rekan-rekannya mengamati bahwa 6 persen lalat betina tidur kurang dari 72 menit setiap hari, dibandingkan dengan lalat betina lain yang tidur rata-rata 300 menit.

Dalam percobaan lebih lanjut, para peneliti mengurangi 96 persen waktu tidur lalat. Tetapi, lalat ini tidak mati sebelum waktunya. 

Lalat yang hampir tidak bisa tidur ini malah hidup selama kelompok kontrol yang dibiarkan tidur normal.

Baca juga: Hewan Apa yang Hidup di Dasar Palung Terdalam di Bumi?

Niels Rattenborg, yang mempelajari aspek tidur pada burung di Max Planck Institute for Ornithology, Jerman, mengatakan bahwa hewan tampaknya bertahan hidup dengan waktu tidur yang jauh lebih sedikit daripada yang diperkirakan sebelumnya berdasarkan teori restoratif untuk fungsi tidur.

Dalam sebuah studi tahun 2016, Rattenborg dan rekan-rekannya menganalisis burung cikalang besar (Fregata minor) di Kepulauan Galápagos dengan perangkat kecil untuk mengukur aktivitas listrik di otak. 

Monitor menunjukkan bahwa burung kadang-kadang tidur di satu belahan otak pada saat mereka terbang di atas lautan. Bahkan, burung tersebut tidur di kedua belahan secara bersamaan saat dalam penerbangan.

Tidur sambil terbang mungkin merupakan hal yang umum di antara spesies burung lainnya, seperti burung walet biasa (Apus apus), yang dapat terbang selama 10 bulan tanpa mendarat, meskipun para ilmuwan tidak memiliki bukti langsung untuk hal ini.

Baca juga: Apakah Semua Hewan Mengalami Masa Remaja Seperti Manusia?

Tetapi, mungkin yang lebih mengejutkan, penelitian ini menemukan bahwa burung cikalang, saat terbang, tidur rata-rata hanya 42 menit per hari, meskipun mereka biasanya tidur lebih dari 12 jam di darat.

Menurut Rattenborg, mungkin kita akan menemukan binatang yang tidak tidur sama sekali. Namun, pola yang muncul di antara penelitian tentang hewan yang tidur pendek adalah bahwa tidak ada hewan yang benar-benar tidak bisa tidur. 

Menjaga sedikit tidur ini menunjukkan bahwa ada waktu minimum tidur yang penting, bahkan pada hewan dengan waktu tidur yang sangat pendek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com