Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Manusia biasanya memanfaatkan hewan mamalia sebagai hewan pekerja di ladang, penjaga rumah, hingga hewan peliharaan.

Meski dekat dengan manusia, beberapa hewan mamalia, bagaimanapun, dapat membahayakan dan melukai manusia.

Hewan mamalia paling berbahaya

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, berikut adalah 5 hewan mamalia paling berbahaya di dunia.

1. Singa 

Singa (Panthera leo) merupakan predator yang memangsa berbagai macam hewan, mulai dari hewan pengerat hingga kerbau dan kuda nil.

Baca juga: Mengenal Paus Sperma, Mamalia Laut yang Mati Terdampar di Pantai Bali

Namun, sebagian besar singa berburu hewan berukuran sedang hingga besar, seperti rusa kutub, zebra, dan antelop.

Nature melaporkan, 871 orang di Tanzania diserang oleh singa antara tahun 1990 dan 2005. Salah satu rangkaian serangan yang paling menakutkan terjadi di Kenya pada tahun 1898, ketika dua ekor singa membunuh puluhan pekerja kereta api sebelum keduanya ditembak. 

Kemudian antara tahun 1932 dan 1947, sekitar 1.500 orang tewas akibat serangan singa yang agresif di dekat kota Njombe, Tanzania. 

2. Beruang kutub

Beruang kutub (Ursus maritimus) memiliki tampilan yang menggemaskan dengan tubuhnya yang besar, namun mamalia ini dapat bergerak dengan sangat cepat. 

Beruang kutub memiliki indera penglihatan dan pendengaran yang kurang, sehingga sebagian besar misi perburuannya mengandalkan indera penciuman. 

Baca juga: Apa Saja Mamalia yang Bisa Ditemukan di Gunung Merapi?

Selain beruang kutub, beruang grizzly, beruang coklat Eurasia, dan beruang hitam Amerika juga diketahui dapat menyerang manusia. Beberapa spesies kadang-kadang memangsa hewan ternak dan merusak ladang, terutama jagung.

3. Kuda nil

Kuda nil (Hippopotamus amphibius) sering terlihat berjemur di tepian atau tidur di perairan sungai, danau, dan rawa di dekat padang rumput. 

Kuda nil memiliki tubuh besar, kaki yang pendek dan kekar, kepala besar, ekor pendek, dan empat jari di setiap kakinya. Dengan tubuhnya yang besar dan gigitan yang kuat, kuda nil dapat berbahaya, termasuk bagi manusia.

4. Harimau 

Harimau (Panthera tigris) adalah anggota terbesar dari keluarga kucing (Felidae). 

Dalam hal kekuatan dan keganasan, hanya singa yang dapat menandingi harimau. Di India, harimau tercatat pernah menyerang pengunjung di sebuah kebun binatang. 

Baca juga: 7 Fakta Lumba-lumba, Mamalia dengan Ingatan yang Sangat Tajam

Harimau juga diketahui menyerang manusia di alam liar, terutama di Sundarbans, wilayah hutan dan rawa yang berada di perbatasan antara India dan Bangladesh. Menurut beberapa catatan, 50 hingga 250 orang per tahun tewas di Sundarbans akibat serangan harimau.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com