Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Deimos, Bulan Terkecil Milik Planet Merah

Kompas.com - 21/05/2023, 16:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Planet Mars memiliki dua bulan, yang dinamai Deimos dan Phobos. Di antara keduanya, Deimos berukuran lebih kecil, yakni sekitar 15 km dalam dimensi terpanjangnya.

Dirangkum dari NASA dan Encyclopedia Britannica, berikut adalah beberapa fakta menarik tentang Deimos, bulan terkecil milik Mars:

1. Deimos ditemukan secara teleskopik oleh astronom Amerika,Asaph Hall, pada tahun 1877.

2. Deimos adalah objek berbatu tidak beraturan yang memiliki permukaan berkawah yang ditutupi lapisan tebal puing-puing halus.

Baca juga: 10 Fakta Menarik Titan, Bulan Terbesar Milik Saturnus

3. Deimos berputar sekali mengelilingi Mars setiap 30 jam 17 menit pada jarak rata-rata 23.458 km dalam orbit melingkar yang terletak dalam jarak 2 derajat dari bidang ekuator Mars.

4. Deimos memiliki gaya gravitasi yang kecil, hanya sekitar seperseribu dari Bumi.

5. Permukaan Deimos berwarna abu-abu dan sangat gelap. Pantulannya hanya 7 persen, sekitar setengah dari permukaan Bulan. 

6. Deimos dan Phobos memiliki banyak kawah, tetapi Deimos memiliki tampilan yang lebih halus yang disebabkan oleh sebagian kawahnya yang terisi.

7. Deimos dan Phobos dinamai berdasarkan nama putra-putra mitologis Ares, pasangan Yunani dari dewa Romawi, Mars. Deimos, yang artinya ketakutan, adalah saudara laki-laki Phobos.

Baca juga: Seperti Apa Inti Bulan Satelit Bumi?

Planet dan bulan

Bulan, yang juga disebut satelit alami, umumnya merupakan benda padat dan hanya sedikit yang memiliki atmosfer.

Sebagian besar bulan yang dimiliki planet mungkin terbentuk dari cakram gas dan debu yang beredar di sekitar planet di awal terbentuknya tata surya.

Mengutip NASA, terdapat ratusan bulan di tata surya. Bahkan, beberapa asteroid pun ditemukan memiliki bulan kecil. 

Mulai dari planet berbatu di tata surya bagian dalam, seperti Merkurius dan Venus yang tidak memiliki satelit sama sekali, Bumi memiliki satu, dan Mars memiliki dua bulan kecil. 

Baca juga: Mengenal Tipe-tipe Fenomena Gerhana Bulan

Kemudian, di luar tata surya, raksasa gas Jupiter dan Saturnus serta raksasa es Uranus dan Neptunus memiliki lusinan bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com