Mamalia Purba Tak Musnah Kena Asteroid, Ini Alasannya

Kompas.com - 09/12/2022, 10:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Sebagian besar dinosaurus mati ketika asteroid menghantam Bumi 66 juta tahun yang lalu, tetapi tidak dengan mamalia purba yang ternyata dapat bertahan setelah peristiwa tersebut.

Sebuah studi baru menunjukkan mamalia purba berhasil beradaptasi lebih baik daripada dinosaurus sehingga membantu mereka bertahan dari bencana tersebut dan berkembang setelahnya.

Kesimpulan ini didapatkan setelah peneliti memetakan interaksi kompleks antara sejumlah besar hewan purba dan ekosistemnya sebelum dan sesudah asteroid menghantam Bumi.

Dilansir dari Live Science, Kamis (8/12/2022) pemodelan menggabungkan data dari fosil yang dikumpulkan di Amerika Utara bagian barat yang usianya melintasi batas antara akhir periode Cretaceous (145 juta hingga 66 juta tahun lalu) dan awal Paleogen (66 juta hingga 23 juta tahun yang lalu).

Sebanyak data 1600 fosil ini mewakili lebih dari 470 genera hewan, termasuk mamalia, ikan, buaya, burung, dan dinosaurus nonavian.