Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Gigi Berusia 42 Juta Tahun Ungkap Mamalia Bergigi Pedang Pertama

Kompas.com - 19/03/2022, 19:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo


KOMPAS.com - Ahli paleontologi menemukan rahang bawah dan kumpulan gigi yang terpelihara dengan baik dari Formasi Santiago di San Diego County, California selatan pada tahun 1988. Fosil gigi berusia 42 juta tahun itu mengungkapkan mamalia bergigi pedang pertama.

Fosil mamalia darat yang ditemukan selama konstruksi di dekat Oceanside, dipelajari secara singkat dan kemudian disimpan di Museum Sejarah Alam San Diego.

Penelitian baru di jurnal PeerJ ini menggambarkan salah satu karnivora obligat mamalia darat paling awal yang diketahui, spesies dan genus yang baru dideskripsikan yang diberi nama Diegoaelurus vanvalkenburghae.

Hewan ini hidup selama Eosen, dan meskipun penampilannya sangat mirip kucing, ia tidak berkerabat dekat dengan kucing.

Menurut publikasi tersebut, ahli paleontologi Ashley Poust dari Museum Sejarah Alam San Diego menyebutkan bahwa pemberian nama Diegoaelurus itu tidak sembarangan.

Diegoaelurus adalah machaeroidine yakni kelompok mamalia pemakan daging yang telah punah dan kelompok tertua hewan bertaring tajam.

"Itu mungkin terlihat sangat mirip singa gunung kecil, tetapi lebih kekar dan dengan kepala lebih besar," jelas Poust dilansir dari Gizmodo, Rabu (16/3/2022). 

Baca juga: Fosil Gigi Ungkap Anjing Laut Tanpa Telinga Pernah Hidup di Australia

“Anehnya, (fosil gigi mamalia berusia 42 juta tahun) itu tidak terkait erat dengan kucing sama sekali, jadi kesamaannya akan konvergen, tiba secara terpisah karena berevolusi menjadi pemburu yang efisien," tambahnya.

Nama Diegoaelurus vanvalkenburghae menunjukkan wilayah di mana fosil itu ditemukan dan ilmuwan Blaire Van Valkenburgh.

"Ini sebagai pengakuan atas kontribusi substansialnya terhadap pemahaman kita tentang evolusi berulang pada mamalia karnivora dan paleoekologi gigi pedang," jelas publikasi tersebut

Spesimen adalah machaeroidine pertama (diucapkan mack-ay-roid-een) yang ditemukan di sepanjang Pantai Barat AS atau dari wilayah Amerika Utara di luar Utah dan Wyoming.

Fosil machaeroidine relatif langka, oleh karena itu pentingnya penemuan fosil gigi mamalia pemakan daging ini.

Poust berkata, spesimen ini memberikan wawasan baru tentang perilaku, pola makan, dan evolusi salah satu hiperkarnivora mamalia pertama di dunia, di mana makhluk yang muncul sekitar 24 juta tahun setelah semua dinosaurus non-unggas punah.

Fosil gigi mamalia pemakan daging

Lebih lanjut, Poust mengatakan bahwa dirinya suka menyebutkan satwa dari fosil gigi dari mamalia bergigi pedang berusia 42 juta tahun yang terindektifilasi ini sebagai mamalia obligate carnivore.

Baca juga: Serpihan Batu Permata Langka Ditemukan pada Fosil Gigi Kuno

Halaman:
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com