Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 17:30 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa orang tidak suka dengan buah nangka karena aromanya yang cukup tajam. Meski demikian, buah tropis ini memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa buah nangka berpotensi membantu mengontrol kadar gula darah. Selengkapnya, berikut adalah penjelasan mengenai nutrisi dan khasiat buah nangka.

Kenapa buah nangka menyehatkan?

Dilansir dari Healthline, buah nangka menyehatkan karena memiliki profil nutrisi yang mengesankan.

Buah dengan daging berwarna kuning ini mengandung kalori dalam jumlah sedang, yakni 155 kalori dalam setiap 165 gram nangka. 

Baca juga: 4 Manfaat Buah Lengkeng untuk Kesehatan

Sekitar 92% kalori dalam nangka berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sedikit lemak.

Selain itu, nangka mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, serta serat dalam jumlah yang cukup.

Hal lain yang membuat nangka baik untuk kesehatan adalah kandungan proteinnya. Nangka menyediakan lebih dari 3 gram protein per cangkir, sementara buah seperti apel dan mangga memiliki hanya 0-1 gram protein per porsi.

Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang kemungkinan besar bertanggung jawab atas sebagian besar manfaat kesehatannya.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

Manfaat nangka untuk kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya yang beragam, berikut adalah beberapa manfaat nangka untuk kesehatan:

1. Berpotensi mengontrol gula darah

Nangka berpotensi membantu pengelolaan gula darah karena memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah. GI merupakan ukuran seberapa cepat gula darah naik setelah kita makan suatu makanan. 

Manfaat ini juga dikaitkan dengan kandungan serat nangka, yang mampu memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Selain itu, nangka menyediakan beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Wanita?

2. Melindungi dari penyakit

Nangka kaya akan beberapa antioksidan kuat yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel dari stres oksidatif dan peradangan, yang sering disebabkan oleh kerusakan akibat radikal bebas.

Berikut adalah beberapa antioksidan yang paling banyak terkandung dalam buah nangka:

  • Vitamin C: Nangka mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu mencegah peradangan dan menyebabkan penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.
  • Karotenoid: Karotenoid telah terbukti dapat membantu menurunkan peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
  • Flavanon: Flavanon mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan

3. Meningkatkan kekebalan

Kandungan vitamin A dan C dalam nangka dapat membantu mencegah penyakit. Makan buah nangka juga diklaim dapat membantu mengurangi risiko infeksi virus.

4. Mencegah masalah kulit

Buah nangka menyediakan beberapa nutrisi dan antioksidan, seperti vitamin C, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. 

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Buah nangka dianggap berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung karena mengandung potasium, serat, dan antioksidan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com