Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/01/2023, 16:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Kucing digambarkan sebagai hewan yang menyukai minum susu yang seringkali ditampilkan dalam iklan atau film.

Namun pernahkah terpikir apakah kucing memang seharusnya dan perlu minum susu?

Jawabannya adalah iya, kucing perlu minum susu. Setiap mamalia yang tumbuh memerlukan susu yang mereka peroleh dari induknya.

Dikutip dari Science ABC, Senin (23/1/2023) kucing minum susu dari induknya setelah mereka lahir dan terus melakukannya selama 12 minggu pertama kehidupan mereka.

Kendati mereka perlu minum susu, bukan berarti kemudian kucing perlu meminumnya selama sisa hidup mereka. Alasannya, sebagian besar mamalia menghasilkan susu untuk anaknya.

Komponen utama atau kandungan susu adalah laktosa, karbohidrat yang terbuat dari unit galaktosa dan glukosa monosakarida. Selama proses pencernaan, laktosa dipecah menjadi dua unit monosakarida ini dan dimediasi oleh enzim yang disebut laktase.

Baca juga: Apakah Bintang Laut Memiliki Mata dan di Mana Letaknya?

Pada kucing, mereka minum susu selama bagian pertama hidupnya sebelum mereka dapat berburu sendiri.

Selain itu, hanya selama waktu inilah mereka menghasilkan cukup laktase untuk mencerna susu. Sebab, seiring bertambahnya usia, kemampuan kucing untuk mencerna karbohidrat seperti laktosa mulai menurun.

Sementara di sisi lain, kucing adalah hewan karnivora artinya mereka telah berevolusi untuk berburu dan memakan daging. Makanan kucing yang ideal adalah makanan yang kaya protein bukan karbohidrat berat.

Jadi saat kucing minum banyak susu, mereka tidak mencerna dan memproses laktosa secara efisien, sehingga menyebabkan mereka mengalami kondisi yang dikenal sebagai intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa tidak hanya berlaku pada kucing saja. Faktanya, banyak mamalia dewasa yang juga menderita kondisi yang sama, sehingga mereka tidak bisa minum banyak susu.

Baca juga: Apakah Hewan Mengenali Dirinya di Depan Cermin?

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com