Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber AZ Animals


KOMPAS.com - Salah satu ciri yang membedakan bebek dengan jenis unggas lain adalah bentuk mulutnya yang pipih atau disebut paruh. Akan tetapi, sebenarnya apakah bebek punya gigi?

Bebek adalah anggota famili Anatidae yang berleher pendek. Dikutip dari AZ Animals, Jumat (7/10/2022), unggas ini memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan angsa.

Selain itu, meski bebek termasuk burung, namun ia berbeda dengan burung air seperti Ioon, grebes dan coot.

Bebek hidup di seluruh dunia, baik di perairan darat, air tawar maupun air asin.

Saat berada di darat, atau di lingkungan yang kering, bebek biasanya akan mencari makan seperti tanaman air, biji-bijian dan serangga. Tetapi, apakah bebek punya gigi untuk mengunyah makanan-makanan ini?

Faktanya, semua burung, termasuk bebek tidak punya gigi.

Kendati demikian, bebek memiliki struktur keras dan semi-fleksibel yang disebut lamela di sekitar tepi luar paruh mereka.

Baca juga: Apakah Bebek Bisa Terbang?

Jika gigi berfungsi untuk mengunyah makanan agar dapat mudah dicerna perut, maka struktur lamela pada paruh bebek ini memiliki beberapa fungsi yang berbeda.

Fungsi lamela bebek yang pertama adalah sebagai filter atau penyaring, dengan mekanisme seperti sisir saat bebek makan. Fungsi struktur paruh bebek tersebut mirip seperti yang dimiliki paus balin.

Saat bebek menangkap vegetasi bawah air, struktur lamela akan menyaring bahan makanan yang akan mereka santap.

Bebek akan menarik tumbuh-tumbuhan atau makanan apapun yang dia dapat dari bawah air dengan mulut paruh mereka, lalu lamela akan mencegah air dan kotoran masuk.

Selain itu, lamela juga berfungsi sebagai perawatan bagi bebek. Lamela adalah alat yang sangat baik untuk membersihkan bulu tanpa merusaknya. Mereka kecil, fleksibel, dan bertindak bersama sebagai sisir yang efektif.

Karena tidak punya gigi, maka tanpa paruh, bebek tidak akan memiliki lamela dan tidak ada cara untuk mereka makan. Paruh bebek ini terbuat dari keratin yang mengeras, sama seperti pada kuku dan rambut manusia.

Baca juga: China Kirim Pasukan Bebek, Senjata Biologis Lawan Belalang di Pakistan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com