Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2022, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Proses metamorfosis pada kupu-kupu adalah yang paling terkenal. Proses daur hidup serangga bersayap indah ini dikenal sebagai metamorfosis sempurna.

Holometabolisme atau metamorfosis sempurna adalah proses daur hidup serangga yang melalui empat tahap, dari telur, larva, pupa (kepompong) dan dewasa.

Dikutip dari Arizona State University, dalam setiap tahap metamorfosis sempurna, hewan atau serangga akan terlihat berbeda dari semua tahap lainnya.

Hal itu berbeda pada serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, yang mana pada tahap awal perkembangan akan tetap terlihat sama dari versi kecil ke dewasa.

Proses metamorfosis sempurna pada kupu-kupu

Kupu-kupu adalah serangga yang mengalami metamorfosis sempurna. Metamorfosis sempurna pada kupu-kupu dimulai dengan penetasan serangga dari telur menjadi bentuk lunak yang disebut larva atau ulat.

Ulat memiliki nafsu makan yang sangat besar, bahkan mereka dapat makan sebanyak beberapa kali berat badan mereka sendiri setiap harinya.

Beberapa ulat atau larva ini akan menambahkan lebih banyak segmen tubuh saat mereka tumbuh. Para ilmuwan menyebut perubahan dalam tahapan perkembangan ini sebagai instar yang mirip dengan pertumbuhan manusia.

Baca juga: Apa Manfaat Kupu-kupu dalam Ekosistem?

Tahap perkembangan pada fase instar ini, ulat atau larva yang sangat muda disebut instar 1 dan yang remaja disebut instar 3. Jumlah tahapan instar seperti pada proses metamorfosis kupu-kupu ini, bisa berbeda pada setiap serangga.

Pada tahap akhir larva, mereka akan membuat cangkang keras dan ulat akan menjadi pupa berubah wujud menjadi kepompong. Memasuki tahap kepompong, ulat akan puasa atau tidak lagi makan dan bergerak.

Selama berada di dalam kepompong, ulat akan diam seolah tak bernyawa, namun dalam tahapan daur hidup kupu-kupu ini, transformasi alam yang paling menakjubkan sedang terjadi.

Di dalam pupa atau kepompong, tubuh ulat akan berubah menjadi kupu-kupu dewasa, lalu meninggalkan kepompong mereka.

Meregangkan sayap-sayap megah berwarna-warni mereka di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

Selain kupu-kupu, proses metamorfosis sempurna juga terjadi pada kumbang, lebah, semut, ngengat, kutu dan nyamuk.

Baca juga: Mengapa Sayap Kupu-kupu Berwarna-warni? Sains Jelaskan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com