Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2022, 18:07 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space


KOMPAS.com - Ada dua bintang terdekat dengan Bumi. Bintang tersebut berada dalam sistem tripel-bintang yang disebut Alpha Centauri.

Kedua bintang adalah Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B, yang mana keduanya membentuk pasangan biner.

Menurut NASA, dikutip dari Space edisi 6 November 2021, dua bintang Alpha Centauri tersebut berada pada jarak sekitar 4,35 tahun cahaya dari Bumi.

Selain itu, bintang ketiga yang disebut Proxima Centauri atau Alpha Centauri C, berjarak sekitar 4,25 tahun cahaya dari Bumi dan menjadikannya bintang terdekat selain Matahari.

NASA menjelaskan bahwa jarak rata-rata bintang terdekat kita, Alpha Centauri A dan B sekitar 23 unit astronomi (AU), jaraknya diperkirakan lebih jauh dari jarak antara Matahari dan Planet Uranus.

Untuk diketahui, AU adalah satuan astronomi untuk jarak rata-rata Bumi dan Matahari, yang sama dengan 149.597.870 Km.

Baca juga: Apa Bintang Paling Besar di Alam Semesta?

Sementara itu, jarak terdekat kedua bintang terdekat Bumi itu, satu sama lain adalah 11 unit astronomi, menurut NASA, dan dua bintang mengorbit pusat gravitasi yang sama setiap 80 tahun.

Sedangkan Proxima Centauri, berjarak sekitar seperlima tahun cahaya atau 13.000 AU dari dua bintang lainnya (Alpha Centauri A dan Alpha Centauri B).

Jarak ini membuat beberapa astronom mempertanyakan apakah bintang tersebut dapat dianggap sebagai bagian dari sistem yang sama.

Alpha Centauri bintang terdekat dengan Bumi

Bintang Alpha Centauri A dan B, jika diamati dengan mata telanjang, maka sinar bintang terdekat dengan Bumi ini seolah hanya menunjukkan satu bintang atau seakan kedua bintang ini menyatu.

Baca juga: Planet Baru Terdeteksi di Bintang Terdekat Matahari

Halaman:
Sumber Space
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com