Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Sayap Kupu-kupu Berwarna-warni? Sains Jelaskan

Kompas.com - 17/09/2022, 16:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Kupu-kupu adalah spesies serangga yang dianggap paling cantik di dunia karena sayap mereka yang beraneka motif dan berwarna-warni. Namun, mengapa sayap kupu-kupu bisa berwarna-warni?

Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa kupu-kupu melewati tahapan metamorfosis yang panjang, hingga mereka mendapatkan sayap berwarna-wanrni.

Dari telur, ulat atau larva, kepompong hingga menjadi kupu-kupu yang cantik, tahapan ini dilalui kupu-kupu dengan berpuasa.

Lantas, mengapa sayap kupu berwarna-warni?

Menurut Science ABC, edisi 8 Juli 2022, kupu-kupu mendapatkan warnanya dari dua sumber, yakni pigmentasi dan permainan warna.

Pigmentasi membuat sayap kupu-kupu mendapatkan warna-warna yang cukup biasa, sedangkan iridescence atau permainan warna adalah fenomena saat warna suatu objek berubah tergantung pada sudut pandangnya.

Baca juga: Studi Ungkap Rahasia Sayap Kupu-Kupu Hancurkan Tetesan Hujan yang Mematikan

Sains menjelaskan bahwa sayap kupu-kupu terdiri dari banyak sisik transparan kecil yang mana berkontribusi pada warna-warni yang ditampilkan pada sayap mereka.

Pigmentasi sayap kupu-kupu berwarna-warni

Pigmentasi pada sayap kupu-kupu memberikan mereka warna biasa. Maksunya, warna-warna itu tidak berubah, terlepas bagaimana orang melihat sayap mereka.

Misalnya, sebagian besar warna daun adalah hijau, karena tumbuhan memiliki klorofil. Berdasarkan sudut pandang mata manusia, warna daun akan tetap hijau, karena klorofil pada daun tidak menyerap cahaya dari setiap panjang gelombang cahaya lainnya.

Prinsip yang sama ternyata juga berlaku pada kupu-kupu, karena sayap mereka juga mengandung pigmen pewarna, terutama adanya melanin, yang memberikan sayap kupu-kupu warna kuning, coklat, dan hitam yang lebih gelap.

Melanin adalah pigmen pewarna yang sama yang ada pada kulit manusia.

Permainan warna sayap kupu-kupu

Sayap kupu-kupu berwarna-warni berasal dari fenomena yang disebut dengan iridescene atau permainan warna.

Baca juga: Setelah 150 Tahun, Kupu-kupu Inggris ini Kembali dari Kepunahan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com