Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Buah Nanas yang Kaya Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 01/11/2022, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Buah nanas adalah salah satu jenis buah tropis yang memiliki ciri unik. Buah ini ternyata kaya nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.

Apa itu buah Nanas?

Tanaman nanas memiliki nama latin Ananas comosus yang merupakan tanaman tahunan dari keluarga Bromeliaceae, seperti dikutip dari Britannica, Selasa (1/11/2022).

Nanas adalah buahh yang berasal dari wilayah tropis dan subtropis di Benua Amerika, dan telah diperkenalkan di tempat lain di seluruh dunia.

Buah ini sangat khas dan telah menjadi bahan makanan yang sering diolah bersama daging, sayur, ikan dan nasi dalam hidangan Pan-Asia.

Baca juga: Apa Saja Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan?

Di Amerika Serikat dan Eropa, buah nanas terkadang dimanfaatkan sebagai isian kue atau dipanggang bersama makanan panggang lainnya.

Fisik dan kultivasi buah nanas

Tanaman nanas ini memiliki 30 hingga 40 daun sukulen kaku yang berjarak dekat dalam roset pada batang yang berdaging tebal.

Pada varietas komersial, sekitar 15-20 bulan setelah ditanam, perbungaan akan terbentuk pada tangkai bunga dengan panjang 100-150 Mm.

Bunga nanas yang berwarna ungu muda yang awalnya terpisah, bersama dengan bractnya, masing-masing melekat pada inti sumbu pusat, yang selanjutnya berkembang menjadi daging dan menyatu untuk membentuk buah nanas.

Baca juga: Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com