Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/09/2022, 10:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Buah blewah adalah salah satu buah yang biasa dibuat es atau lebih dikenal dengan es blewah. Buah ini terkadang disebut mirip dengan melon, namun sebenarnya apa bedanya blewah dengan melon?

Blewah di negara-negara seperti Amerika Serikat, dikenal juga dengan sebutan melon musim panas.

Buah ini kaya akan nutrisi dan memiliki kandungan air yang sangat tinggi hingga 90 persen, dikutip dari Live Science edisi 7 September 2022.

Apa perbedaan buah blewah dan melon?

Buah blewah memiliki nama latin Cucumis melo var cantalupensis berasal dari keluarga Cucurbitaceae.

Sehingga, buah ini masih berkerabat dekat dengan melon, labu, dan mentimun. Di Amerika Utara, blewah juga disebut sebagai muskmelon.

Baca juga: Manfaat Buah Blewah untuk Kesehatan, Apa Saja?

Bahkan, tak hanya buah blewah, muskmelon juga digunakan untuk menyebut melon Eropa, melon casaba dan beberapa varietas sejenis lainnya.

Meski berkerabat dengan melon, namun karakteristik buah blewah ini dapat dikenali dari kulitnya yang berwarna hijau muda dengan tekstur seperti jaring krem.

Sementara, blewah Eropa juga memiliki pola serupa yakni seperti jaring di kulitnya namun cenderung bergaris, dan pada umumnya jenis buah blewah ini warnanya lebih terang daripada melon.

Kedua melon ini memiliki warna daging buah yang serupa, yakni berwarna salmon dan memiliki kantong biji di bagian tengahnya.

Dibandingkan melon, perbedaan lain yang tampak adalah pada rasanya. Buah blewah memiliki rasa yang cenderung sedikit manis dan buahnya sedikit lebih beraroma.

Kendati muskmelon atau buah blewah masih berkerabat dengan melon, dan memiliki beberapa kesamaan dengan semangka, namun baik blewah maupun semangka bukan spesies yang sama.

Baca juga: Manfaat Buah Tin, Buah Istimewa yang Disebut dalam Al Quran

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com