Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] Peringatan Dini Cuaca Esktrem 9-10 Agustus | Dampak Bibit Siklon Tropis 97W | Vaksin Khusus Omicron BioNTech

Kompas.com - 10/08/2022, 07:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Berita populer Sains diawali oleh dampak bibit siklon tropis 97W yang kemudian membuat BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem 9-10 Agustus 2022.

Hingga hari ini, Rabu (10/8/2022) potensi cuaca ekstrem masih dapat berpeluang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Bibit siklon 97W yang berpotensi sebabkan cuaca ekstrem di Indonesia terdeteksi di Laut China Selatan di sebelah barat Filipina.

Selain berita tersebut, dampak bibit siklon tropis 97W bagi Indonesia, juga menjadi informasi populer Sains sepanjang Selasa (9/8/2022).

Vaksin khusus Omicron yang dikembangkan BioNTech menjadi salah satu berita populer Sains hingga hari ini.

Perusahaan biotek Jerman, BioNTech telah membuat vaksin baru yang secara khusus menargetkan varian Omicron dan akan ada dua vaksin khusus Omicron yang akan dikembangkan.

Lampung diguncang gempa bumi berkekuatan M 5,0 pada Selasa (9/8/2022) pagi. Gempa bumi ini termasuk jenis gempa dangkal yang tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (9/8/2022) hingga Rabu (10/8/2022).

Peringatan dini cuaca ekstrem 9-10 Agustus

Potensi cuaca ekstrem sebagai dampak dari terdeteksinya bibit siklon tropis 97W, dapat berpengaruh terhadap kondisi cuaca di Indonesia.

Berdasarkan analisis BMKG, bibit siklon tropis 97W terpantau di Laut China Selatan sebelah barat Filipina, tepatnya di sekitar 14.0 LU 112.6 BT dengan kecepatan angin maksimum 20 knot dan tekanan udara minimum 1003.7 mb.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menyebutkan, sistem ini pergerakannya ke arah Barat–Barat Laut dengan potensi untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berkategori sedang.

Menurut dia, bibit siklon tropis tersebut menginduksi peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (low level jet) di Laut China Selatan.

Analisis BMKG terkait peringatan dini cuaca ekstrem ini menunjukkan sirkulasi siklonik lain yang juga terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah konvergensi dari Papua hingga Papua Barat.

Sejumlah wilayah di Indonesia perlu waspada cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9-10 Agustus 2022.

Berita populer Sains terkait peringatan dini cuaca ekstrem BMKG untuk 9-10 Agustus 2022 akibat adanya bibit siklon tropis 97W ini, selengkapnya informasi wilayah yang terdampak dapat dibaca di sini.

Baca juga: Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG 9-10 Agustus 2022 akibat Bibit Siklon Tropis 97W

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com