Kompas.com - 09/08/2022, 20:01 WIB

KOMPAS.com - Fenomena supermoon terakhir di tahun ini akan terjadi beberapa hari lagi, tepatnya pada 11-12 Agustus 2022.

Kabar baiknya, peristiwa langit Sturgeon Moon akan bisa disaksikan dari seluruh wilayah Indonesia.

Penamaan Sturgeon Moon merujuk pada munculnya ikan Sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat.

"Super sturgeon moon akan dapat disaksikan di Indonesia sejak 11 Agustus, sekitar 20-30 menit sebelum matahari terbenam hingga 12 Agustus 10-20 menit setelah matahari terbit."

Hal itu dikatakan Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/8/2022).

Baca juga: Malam Ini Ada Fenomena Langka Full Buck Supermoon, Catat Waktu dan Lokasinya

Waktu menyaksikan Sturgeon Moon

Andi menuturkan, bulan purnama yang memiliki nama lain Green Corn Moon ini akan terbit dari arah tenggara, berkulminasi di langit belahan selatan dan terbenam di arah barat daya.

Untuk waktu puncak purnama astronomisnya, akan terjadi pada 12 Agustus 2022 pukul 08.35 WIB/09.35 Wita/10.35 WIT.

“Sehingga bulan memungkinkan dapat terjadi sebelum matahari terbenam,” tutur dia.

Sebagai informasi, penamaan Sturgeon Moon merujuk pada munculnya ikan Sturgeon di perairan Great Lakes dan Danau Champlain di Amerika Serikat.

Baca juga: Fenomena Langka 9 Tahun Sekali, Bulan Baru Mikro Diapit 2 Kali Supermoon

Dituliskan Live Science, sebagian besar publikasi menganggap Sturgeon Moon sebagai supermoon, yang berarti bulan purnama terjadi ketika bulan berada di titik terdekatnya dengan bumi (perigee) selama orbit saat ini.

Sturgeon Moon akan muncul dalam 90 persen perigee, menjadikannya supermoon menurut sebagian besar definisi ilmiah.

Supermoon dapat muncul lebih besar dan hingga 16 persen lebih terang di langit daripada bulan purnama biasanya.

Sturgeon Moon akan menjadi supermoon keempat di tahun ini, setelah Buck Moon pada Juli, Strawberry Moon pada Juni, dan Flower Moon pada Mei.

Baca juga: Mengenal Istilah Blue Moon, Black Moon, Blood Moon hingga Supermoon

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.