Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Positif Covid-19 pada Anak Sekolah Meningkat, Ini Saran Epidemiolog

Kompas.com - 09/08/2022, 18:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Epidemiolog dari Universitas Airlangga, Dr Windhu Purnomo mengatakan, meningkatnya kasus infeksi positif Covid-19 pada anak sekolah di Indonesia saat ini harus diantisipasi oleh banyak pihak.

Windhu menyebutkan, pencegahan bertambahnya infeksi atau transmisi Covid-19 pada anak-anak harus diupayakan mulai dari anak-anak, orang tua, sekolah maupun pemerintah.

Hal ini perlu dilakukan karena aktivitas Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga merupakan salah satu faktor yang diduga memicu timbulnya tren infeksi Covid-19 pada anak-anak usia sekolah terus meningkat.

Baca juga: Tren Kasus Covid-19 pada Anak Sekolah Meningkat, Ini Penyebabnya Kata Epidemiolog

Bahkan, dalam kondisi yang lebih mengkhawatirkan lagi, anak-anak yang terinfeksi tersebut juga menularkan virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 kepada orang-orang lain di sekitar lingkungan dan keluarga di rumahnya.

Selain itu, meningkatnya mobilitas dan aktivitas masyarakat di area publik, termasuk sekolah juga menjadi faktor meningkatnya kasus positif Covid-19 pada anak-anak sekolah.

"Pada dasarnya bila terdapat peningkatan aktivitas di ruang publik, termasuk PTM (Pertemuan Tatap Muka) di sekolah, tentu bisa diperkirakan bahwa akan terjadi peningkatan penularan," kata Windhu kepada Kompas.com, Senin (8/7/2022).

Oleh karena itu, Windhu pun memberikan saran yang bisa dilakukan oleh banyak pihak, agar dapat menekan peningkatan kasus infeksi Covid-19 pada anak-anak lebih jauh lagi.

1. Untuk anak-anak

Windhu menegaskan, sampai saat ini cara terbaik untuk mencegah transmisi infeksi Covid-19 adalah dengan menjalankan protokol kesehatan yang tepat dan benar.

Disiplin protokol kesehatan ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa atau lansia, tetapi juga pada anak-anak yang masih dalam kategori kelompok rentan.

"Untuk anak-anak mutlak harus disiplin prokes, terutama penggunaan masker," ujarnya.

Selain itu, Windhu juga mengingatkan agar mengajarkan anak-anak untuk tidak makan-minum ketika berada di dekat orang lain atau teman-temannya dalam kondisi pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 Anak Meningkat, Epidemiolog Ingatkan Pentingnya Vaksinasi dan Prokes

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com