Kompas.com - 24/05/2022, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi melalui Direktorat Jenderal Paspor (Jawazat) melarang warganya untuk melakukan perjalanan ke 16 negara lantaran kondisi Covid-19, termasuk Indonesia.

Dilansir dari Saudi Gazette, negara-negara tersebut yakni Lebanon, Suriah, Turki, Iran, Afghanistan, dan India.

Selain itu, ada juga Yaman, Somalia, Ethiopia, Kongo, Libya, Indonesia, Vietnam, Armbeia, Belarus, dan Venezuela dalam daftar tersebut.

Menanggapi keputusan pemerintah Arab Saudi tersebut, Juru bicara Kemenlu RI Teuku Faizasyah mengatakan, pihaknya telah menyampaikan bahwa Indonesia berhasil menekan angka penularan Covid-19 di dalam negeri.

Baca juga: Indonesia Belum Berlakukan Karantina bagi Pelaku Perjalanan dari Negara dengan Cacar Monyet

"Bahkan kondisi di Tanah Air sudah lebih baik dari banyak negara dunia pada umumnya," dalam pemberitaan Kompas.com, Senin (23/5/2022).

Perbandingan kasus di Indonesia dan Arab Saudi 

Melihat larangan yang dilakukan oleh pemerintah Arab Saudi tersebut, berdasarkan data yang dihimpun Worldometers per 24 Mei 2022, untuk total keseluruhan kasus infeksi Covid-19 memang Indonesia berada di peringkat 19 dengan 6.052.764 kasus dan Arab Saudi berada di peringkat 76 dengan 763,692 kasus.

Namun, kemarin pada 22 Mei 2022 justru jumlah kasus baru konfirmasi positif Covid-19 lebih banyak di Arab Saudi dengan 650 kasus dan Indonesia hanya 174 kasus.

Sementara itu, berdasarkan catatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19; kasus baru di Indonesia dalam sepekan terakhir tidak ada yang melebihi 350 kasus per harinya.

Sedangkan, masih dari Worldometers, Arab Saudi dilaporkan memiliki penambahan kasus sebanyak 467 kasus infeksi Covid-19 pada 2 hari lalu, 22 Mei 2022.

Dengan begitu, pemerintah yakin bahwa di Indonesia kasus konfirmasi positif akibat infeksi Covid-19 terus menurun.

Baca juga: WHO Laporkan Cacar Monyet Sudah Teridentifikasi di 12 Negara, Mana Saja?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.