Kompas.com - 24/05/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob sampai tanggal 25 Mei 2022.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo, M.T mengatakan, sebenarnya peringatan dini potensi banjir rob ini sudah dimuat sejak 13 Mei 2022.

Pada saat itu, BMKG telah merilis informasi potensi banjir rob di beberapa wilayah Indonesia bersamaan dengan fase bulan purnama dan kondisi Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

Sedangkan, banjir pesisir mulai terjadi di beberapa wilayah Indonesia sejak tanggal 14 Mei 2022 hingga kemarin, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Indonesia Belum Berlakukan Karantina bagi Pelaku Perjalanan dari Negara dengan Cacar Monyet

“Potensi banjir pesisir ini dapat terjadi hingga 25 Mei 2022,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Berdasarkan catatan BMKG, berikut daftar wilayah yang mengalami banjir rob beberapa hari ini.
1. Pesisir Pantai Tegal
2. Wonokerto-Pekalongan
3. Pantai Sari-Pekalongan
4. Pantai Batang
5. Pantai Tawang Kendal
6. Pelabuhan tanjung Emas Semarang
7. Jalan Raya Genuk Semarang-Demak
8. Pantai Karang Tengah Demak
9. Pantai Rembang
10. Pesisir Jawa Timur

Disampaikan Eko, ketinggian banjir pesisir berbeda di tiap wilayah.

Namun, kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas sehari-hari masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

Baca juga: Matahari Berada di Atas Kabah 28 Mei 2022 dan 15 Juli 2022, Saatnya Luruskan Arah Kiblat

Faktor penyebab banjir rob

Eko menjelaskan, selain faktor curah hujan di beberapa wilayah, gelombang tinggi di Laut Jawa yang mencapai 1.25 hingga 2.5 meter juga memberikan dampak terhadap peningkatan banjir rob di wilayah tersebut.

Fase bulan purnama dan kondisi perigee membuat curah hujan dan gelombang tinggi semakin meningkat.

“Berdasarkan analisis dan prediksi pasang surut, kondisi banjir pesisir ini dapat berlangsung hingga tanggal 25 Mei 2022 di sebagain utara Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ujarnya.

Dengana adanya kondisi ini, masyarakat dihimbau untuk menyiapkan upaya mitigasi dan adaptasi untuk mengantisipasi dampak dari banjir pesisir tersebut serta memperhatikan update informasi informasi cuaca maritim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.