Kompas.com - 24/05/2022, 12:01 WIB

KOMPAS.com - Bulan disebut tak memiliki lautan. Namun, satelit Bumi itu menurut peneliti mungkin masih menampung danau beku yang tercipta dari gunung berapi purba Bulan.

Jika itu terbukti benar, maka danau itu bisa menyediakan sumber air yang penting bagi astronautt di masa depan.

Dikutip dari IFL Science, Senin (23/5/2022) gunung berapi Bulan berhenti meletus lebih dari satu miliar tahun yang lalu.

Tetapi ilmuwan berpikir, mereka meninggalkan warisan berharga yang dapat membuat rencana pendirian pangkalan di Bulan jauh lebih praktis.

Baca juga: Kali Pertama, Ilmuwan Menumbuhkan Tanaman di Tanah dari Bulan

Menurut peneliti, beberapa kawah mengandung lapisan es tebal yang dapat menyelamatkan misi Bulan jangka panjang dari biaya yang sangat besar untuk mengangkut air dari Bumi atau mengekstraknya dari endapan yang dianggap kurang terkonsentrasi.

Lalu dari mana air itu berasal? Peneliti dari Colorado University Boulder menyebut, Bulan di masa lalu memiliki air di bagian dalamnya, seperti halnya mantel Bumi.

Gunung berapi kemudian akan memuntahkan air ini selama letusan bersama dengan banyak abu, lava, dan gas lalinnya.

Hal tersebut akan menciptakan atmosfer uap air dan karbon monoksida yang tipis dan sementara.

Sebagian dari air ini akan mengendap di permukaan Bulan dan jika tak terkena sinar matahari langsung, maka berubah menjadi es.

"Kami membayangkannya sebagai es di Bulan yang terbentuk dari waktu ke waktu," kata Andrew Wilcoski, peneliti dalam studi ini.

Di tempat-tempat di mana terpapar Matahari langsung, es sudah lama menyublim menjadi gas dan hilang. Sementara di dekat kutub, air akan memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk bertahan di dasar kawah yang belum pernah terkena sinar matahari.

Selama ini kita tahu bahwa air kemungkinan ada di kutub Bulan. Tetapi asal usul, kelimpahan, dan distribusinya tak dipahami dengan baik.

Baca juga: Ilmuwan NASA Pelajari Sampel Bulan dari Misi Apollo yang Telah Disimpan Selama 50 Tahun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.