Kompas.com - 13/04/2022, 04:05 WIB

KOMPAS.com - Ketika berpuasa, beberapa orang mungkin kerap mengalami kondisi di mana air liur keluar secara berlebihan. Tentunya, air liur yang berlebihan ini sangat mengganggu aktivitas terutama ketika sedang berbicara.

Lantas, kenapa air liur keluar terus saat puasa?

Dokter Umum di Rumah Sakit Primaya Karawang, dr Alienda Dwi Arani menjelaskan bahwa ketika berpuasa jumlah cairan di dalam tubuh akan menurun.

Bahkan, dalam kondisi yang sangat ekstrem dapat terjadi dehidrasi, serta mulut kering. Hal inilah yang memicu pengeluaran produksi air liur meningkat, atau dalam dunia medis disebut dengan hypersalivasi.

Baca juga: Selain Bantu Menelan, Air Liur Bikin Rasa Makanan Jadi Lebih Nikmat

Namun demikian, ada beberapa hal yang menyebabkan produksi air liur keluar secara berlebihan selain karena puasa Ramadhan, antara lain:

  • Kondisi kelainan pada gigi seperti gigi berlubang, kelainan pada struktur gigi, dan terdapat cedera pada gigi atau rahang
  • Terdapatnya benda asing dalam mulut seperti gigi palsu dan kawat gigi
  • Munculnya sariawan
  • Mulut kering
  • Dehidrasi
  • Infeksi pada mulut misalnya infeksi jamur maupun abses
  • GERD (gastroesophageal reflux disease)

Menurut dia, normalnya air liur diproduksi oleh kelenjar air liur di dalam mulut dengan jumlah sekitar 1 liter per hari.

Air liur tersebut berisi enzim yang akan membantu saat mencerna makanan setelah dikonsumsi.

"Jika air liur yang meningkat ini sampai menyebabkan mengalir sampai keluar mulut, dan terasa sangat mengganggu, maka hal tersebut sudah tidak normal dan perlu dikonsultasikan dengan dokter," terang Alienda saat dihubungi Kompas.com, Selasa (14/4/2022).

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Kepala Pusing Saat Puasa

Mencegah air liur keluar terus saat puasa

Terkait dengan cara mencegah air liur agar tidak keluar terus-menerus saat Anda berpuasa, Alienda membagikan sejumlah tips yang bisa dilakukan, di antaranya:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.