Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2022, 15:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Kehidupan kita sangat bergantung pada Matahari. Matahari bahkan menjadi sumber energi terbesar bagi manusia. Tidak hanya itu, Matahari juga memberikan manfaat langsung bagi kita dengan memberikan vitamin D dan menyediakan sumber makanan melalui fotosintesis pada tumbuhan.

Pernahkah kamu membayangkan hidup tanpa Matahari dan dunia menjadi gelap gulita? Kira-kira apa yang akan terjadi?

Apakah manusia bisa hidup tanpa Matahari?

Jawabannya adalah tidak bisa. Manusia dan makhluk hidup lainnya mungkin bisa bertahan selama beberapa hari kemudian mati. Berikut ini adalah penjelasan hal-hal yang akan terjadi pada setiap unsur yang berkaitan Bumi jika tidak ada Matahari.

1. Bulan menghilang

Kita bisa melihat Bulan bukan karena Bulan memancarkan cahayanya sendiri, namun karena Bulan memantulkan sinar Matahari. Jika tidak ada sinar Matahari, maka kita tidak akan bisa melihat Bulan dan Bulan akan menghilang.

2. Bumi membeku

Tanpa hangatnya sinar Matahari, suhu di permukaan Bumi akan turun secara drastis. Walaupun tidak ada bukti yang pasti, para ahli memperkirakan suhu akan menurun hingga di bawah 0 derajat Celsius. Itu artinya seluruh permukaan Bumi termasuk lautan akan membeku.

Jika suhu turun hingga -204 derajat Celsius, bahkan atmosfer kita akan ikut membeku dan runtuh. Hal ini akan membuat permukaan Bumi terpapar dengan radiasi luar angkasa yang sangat kuat.

3. Tumbuhan berhenti berfotosintesis

Fotosintesis memerlukan cahaya Matahari. Tanpanya tumbuhan tidak akan bisa berfotosintesis. Hal ini akan menyebabkan seluruh tumbuhan mati. Tidak hanya itu, hewan pemakan tumbuhan dan manusia juga akan mati.

Baca juga: 5 Negara Tanpa Malam, Di Sini Matahari Terus Bersinar

4. Manusia akan menderita penyakit kronis

Manusia tidak hanya akan kelaparan karena semua tumbuhan mati, namun juga akan menderita berbagai penyakit kronis. Hal ini dipicu oleh kebutuhan manusia akan vitamin D dari cahaya Matahari.

Studi menunjukkan jika mencukupi kebutuhan vitamin D mampu menurunkan risiko meninggal akibat penyakit jantung. Selain itu, vitamin D juga bisa membantu mencegah penyakit lainnya seperti kanker, osteoporosis, mengurangi depresi, insomnia, dan meningkatkan imun.

Semua manfaat ini akan menghilang jika kita tidak tercukupi kebutuhan vitamin D dari cahaya Matahari. Hasilnya, manusia kana menderita berbagai penyakit kronis hingga meninggal.

5. Bumi akan keluar dari orbitnya

Matahari memegang peranan penting untuk menjaga planet dan benda langit lainnya tetap berada dalam orbitnya. Jika Matahari mati, maka energi yang mempertahankan itu semua akan hilang dan Bumi akan keluar dari orbitnya.

Bumi akan melayang tanpa arah di luar angkasa. Bahkan, bukan tidak mungkin Bumi akan bertabrakan dengan planet atau benda langit lainnya.

Simpulannya, manusia tidak bisa hidup tanpa Matahari. Dampak yang ditimbulkan juga sangat menyeramkan seperti yang telah dijelaskan di atas.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com