Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Waktu Maghrib Jakarta dan Bandung Berbeda? Ahli Jelaskan

Kompas.com - 12/04/2022, 19:03 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adzan menjadi penanda masuknya waktu shalat. Saat bulan Ramadhan tiba, adzan maghrib ditunggu-tunggu sebagai tanda tibanya waktu berbuka puasa. Namun, menariknya waktu maghrib di Jakarta dan Bandung ternyata tidak sama, meski berada di zona waktu Indonesia yang sama. 

Seperti diketahui, zona waktu di Indonesia terbagi menjadi tiga, yakni WIB, Wita, dan WIT. Wilayah yang masuk dalam zona WIB mencakup Pulau Sumatera, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Adapun waktu maghrib Jakarta dan Bandung berbeda ini menarik perhatian tersendiri. Padahal, kedua kota ini berada di wilayah zona waktu yang sama, WIB.

Lantas, kenapa waktu maghrib Jakarta dan Bandung berbeda

Baca juga: Ini Kota dengan Durasi Waktu Puasa Terlama di Indonesia

Astronom amatir Marufin Sudibyo menjelaskan, perbedaan waktu maghrib antara Jakarta dan Bandung dikarenakan selisih lintang dan bujur.

Mengambil data jadwal shalat Kementerian Agama (Kemenag) dengan anggapan elevasi kedua wilayah dianggap sama, maka selisih waktu shalat berkisar antara 2-4 menit.

“Bandung lebih dulu masuk (jadwal shalat) karena berkedudukan lebih timur dibandingkan Jakarta,” ujar Marufin saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (12/4/2022).

Ia menambahkan, khusus untuk waktu maghrib, dalam perhitungan resmi yang sesungguhnya elevasi tempat dimasukkan.

Baca juga: Anak Belajar Puasa Ramadhan, Kapan Waktu Tepat Ajarkan Puasa? Ini Saran Ahli

“Elevasi kota Bandung itu ~770 mdpl karena dataran tinggi, sedangkan Jakarta hanya 5 mdpl karena dataran pantai,” tuturnya.

Pada prinsipnya, lanjut Marufin, semakin tinggi sebuah tempat maka awal waktu maghribnya akan semakin mundur dibandingkan awal waktu maghrib pada elevasi permukaan laut.

“Dengan elevasi kota Bandung, maka waktu maghrib resminya akan mundur 4 menit dari waktu maghrib yang tercatat dalam aplikasi di atas,” jelas dia.

Kendati begitu, waktu maghrib di Bandung dan Jakarta dapat juga sama.

“(Bandung) akan sama (waktu maghribnya), atau bahkan lebih lambat ketimbang maghrib Jakarta. Dengan kata lain, Jakarta sudah masuk maghrib sementara Bandung belum,” jelas Marufin.

Marufin menegaskan, untuk selain waktu maghrib, yang menentukan pada waktu sholat hanya lintang dan bujur.

“Dan karena Bandung di sebelah timur Jakarta, maka semua waktu shalatnya akan masuk lebih dulu (kecuali maghrib),” pungkas dia.

Perlu diketahui, perhitungan waktu ini berlaku secara umum, bukan hanya saat bulan puasa saja.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Jatuh Cinta? Ini Penjelasannya Menurut Sains

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com