Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setara PCR, Alat Tes Covid-19 Ini Hanya Menggunakan Sampel Air Liur

Kompas.com - 10/08/2021, 08:32 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Para insinyur di Massachusetts Instutite of Technology (MIT) dan Harvard University, Amerika Serikat, berhasil mengembangkan alat tes Covid-19 setara PCR, yang mudah digunakan, yakni hanya dengan sampel air liur.

Alat tes Covid-19 ini bahkan hanya butuh waktu satu jam untuk mendeteksi virus corona SARS-CoV-2 melalui air liur.

Dalam sebuah studi baru, mereka menunjukkan bahwa diagnostik alat tes virus corona ini sama akuratnya dengan tes PCR yang sekarang digunakan.

Dilansir dari Phys, Selasa (10/8/2021), perangkat ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi mutasi virus tertentu, yang terkait dengan beberapa varian virus corona SARS-CoV-2 yang kini beredar luas.

Dengan hasil tes Covid-19 yang cukup satu jam saja, maka alat tersebut berpotensi memudahkan pelacakan (tracing) berbagai varian virus corona, terutama di daerah yang tidak memiliki akses ke fasilitas pengurutan genetik.

"Kami mendemonstrasikan bahwa platform kami dapat diprogram untuk mendeteksi varian baru yang muncul, dan kami dapat menggunakannya kembali dengan cukup cepat," kata James Collins, Profesor Termeer untuk Teknik dan Sains Medis di Institut MIT untuk Teknik dan Sains Medis (IMES) dan Departemen Teknik Biologi.

Baca juga: WHO Setujui Alat Tes Covid-19 Seharga Rp 70.000 untuk Negara Miskin

 

 

Collins menambahkan bahwa dalam penelitian tentang alat tes Covid-19 berbasis air liur yang diklaim setara tes PCR ini, ia dan timnya menargetkan pelacakan varian virus corona Inggris (varian Alpha), varian Beta dari Afrika Selatan, dan Brasil.

"Akan tetapi Anda dapat dengan mudah mengadaptasi platform diagnostik (alat tes Covid-19 air liur) untuk mengatasi (mendeteksi) varian Delta dan varian lain yang sedang berkembang," jelas dia.

Alat diagnostik tes Covid-19 baru ini, bergantung pada teknologi CRISPR, dapat dirakit dengah biaya sekitar $15.

Akan tetapi, menurut peneliti biaya tersebut dapat ditekan secara signifikan apabila perangkat ini diproduksi dalam skala besar.

Studi tentang alat tes Covid-19 baru yang diklaim setara PCR ini telah dipublikasikan di jurnal Science Advances.

Baca juga: 5 Fakta RT LAMP, Tes Covid-19 Air Liur yang Diklaim 94 Persen Akurat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com