Kompas.com - 09/08/2021, 19:40 WIB
Ilustrasi fenomena langit tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021. SHUTTERSTOCK/Jose L. StephensIlustrasi fenomena langit tripel konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran. Fenomena langit ini akan terjadi pekan ini, 19 Maret 2021.


KOMPAS.com - Malam ini hingga lusa, akan ada tiga fenomena konjungsi Bulan yang bisa menjadi alternatif hiburan sembari di rumah saja.

Ketiga fenomena tersebut adalah konjungsi tripel antara Bulan, Merkurius dan Regulus, berikutnya ada konjungsi Bulan dan Mars, serta terakhir Bulan akan berkonjungsi dengan Venus.

Berikut penjelasannya berdasarkan keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

1. Konjungsi Tripel Bulan-Merkurius-Regulus: 9 Agustus 2021

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan, fenomena konjungsi tripel adalah peristiwa di mana Bulan, Merkurius dan Regulus akan tampak dalam satu garis jika dilihat dari Bumi.

Baca juga: Hari Ini, Ada Fenomena Konjungsi Superior Merkurius dan Bulan-Pollux

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Puncak fenomena konjungsi Bulan dan Merkurius akan telah terjadi pada pukul 13.30 WIB siang tadi. Sedangkan, puncak konjungsi antara Bulan dan Regulus akan terjadi pada pukul 22.52 WIB malam ini.

"Sehingga, Bulan akan mengalami konjungsi tripel dengan Merkurius dan Regulus," kata Andi.

Adapun, untuk dapat menyaksikan fenomena yang satu ini, Anda bisa melihatnya di langit dari arah Barat-Barat Laut sejak 20 menit setelah Matahari terbenam.

Adapun, ketika konjungsi tripel ini terjadi, Bulan berada pada fase Sabit Awal dengan iluminasi 0,9 persen. Sementara, magnitudo atau kecerlangan Merkurius dan Regulus berturut-turut yakni -1,19 dan +1,35.

"Sudut pisah Bulan-Merkurius sebesar 3,5 derajat, sedangkan sudut pisah Bulan-Regulus sebsar 5,3 derajat," ujarnya menjelaskan fenomena konjungsi Bulan dengan Merkurius dan bintang Regulus. 

Baca juga: Fenomena Langit Hari Ini, Hari Tanpa Bayangan dan Konjungsi Bulan-Antares

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.