Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fenomena Konjungsi Bulan, Berkonjungsi dengan Mars hingga Venus

KOMPAS.com - Malam ini hingga lusa, akan ada tiga fenomena konjungsi Bulan yang bisa menjadi alternatif hiburan sembari di rumah saja.

Ketiga fenomena tersebut adalah konjungsi tripel antara Bulan, Merkurius dan Regulus, berikutnya ada konjungsi Bulan dan Mars, serta terakhir Bulan akan berkonjungsi dengan Venus.

Berikut penjelasannya berdasarkan keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

1. Konjungsi Tripel Bulan-Merkurius-Regulus: 9 Agustus 2021

Peneliti Pusat Sains Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan, fenomena konjungsi tripel adalah peristiwa di mana Bulan, Merkurius dan Regulus akan tampak dalam satu garis jika dilihat dari Bumi.

Puncak fenomena konjungsi Bulan dan Merkurius akan telah terjadi pada pukul 13.30 WIB siang tadi. Sedangkan, puncak konjungsi antara Bulan dan Regulus akan terjadi pada pukul 22.52 WIB malam ini.

"Sehingga, Bulan akan mengalami konjungsi tripel dengan Merkurius dan Regulus," kata Andi.

Adapun, untuk dapat menyaksikan fenomena yang satu ini, Anda bisa melihatnya di langit dari arah Barat-Barat Laut sejak 20 menit setelah Matahari terbenam.

Adapun, ketika konjungsi tripel ini terjadi, Bulan berada pada fase Sabit Awal dengan iluminasi 0,9 persen. Sementara, magnitudo atau kecerlangan Merkurius dan Regulus berturut-turut yakni -1,19 dan +1,35.

"Sudut pisah Bulan-Merkurius sebesar 3,5 derajat, sedangkan sudut pisah Bulan-Regulus sebsar 5,3 derajat," ujarnya menjelaskan fenomena konjungsi Bulan dengan Merkurius dan bintang Regulus. 

2. Konjungsi Bulan dan Mars: 10 Agustus 2021

Pada keesokan hari, Selasa (10/8/2021), Bulan akan kembali mengalami konjungsi atau sejajar dengan benda langit lainnya, dan kali ini adalah Planet Mars.

Tepatnya pada pukul 07.42 WIB, fenomena konjungsi Bulan dan Mars akan mengalami puncaknya dengan sudut pisah 4,3 derajat.

"Sehingga fenomena ini baru dapat disaksikan dari arah Barat-Barat Laut sekitar 20 menit setelah Matahari terbenam selama 50 menit," jelasnya.

Andi berkata, ketika konjungsi, Bulan berfase sabit awal dengan iluminasi 3,9 persen hingga 4,1 persen.

Sementara itu, magnitudo atau kecerlangan Mars akan sebesar +1,82, dengan sudut pisah antara Bulan dan Mars yakni sebesar 4-90 derajat hingga 5,13 derajat.

3. Konjungsi Bulan-Venus: 11 Agustus 2021

Pada malam selanjutnya yakni Rabu (11/8/2021), Bulan akan kembali berkonjungsi dengan salah satu benda langit yaitu Planet Venus.

Puncak fenomena konjungsi Bulan dengan Venus akan terjadi pada pukul 14.00 WIB, dengan sudut pisah 4,3 derajat.

Namun, fenomena konjungsi ini baru dapat disaksikan dari arah Barat sekitar 20 menit setelah Matahari terbenam selama dua jam.

Andi menyebutkan, ketika konjungsi terjadi, Bulan berfase sabit awal dengan iluminasi 9,2 persen - 9,7 persen.

Sedangkan, magnitudo atau kecerlangan Venus sebesar -3,95 dan sudut pisah antara Bulan dan Venus sebesar 3,73 hingga 3,64 derajat.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/08/09/194000723/3-fenomena-konjungsi-bulan-berkonjungsi-dengan-mars-hingga-venus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke