[POPULER SAINS] WHO dan Epidemiolog Belum Rekomendasikan Sertifikat Vaksin Covid-19 | Bahaya Mi Instan untuk Kesehatan

Kompas.com - 10/08/2021, 07:00 WIB
Populer Sains 9 Agustus 2021: Terkait sertifikat vaksin Covid-19 untuk syarat berkegiatan menjadi sorotan ahli hingga bahaya mi instan. Kompas.comPopuler Sains 9 Agustus 2021: Terkait sertifikat vaksin Covid-19 untuk syarat berkegiatan menjadi sorotan ahli hingga bahaya mi instan.

KOMPAS.com - Saat ini sertifikat vaksin dijadikan salah satu syarat untuk melakukan perjalanan dan memasuki fasilitas publik.

Terkait hal ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tidak mendukung dan tidak menolak hal tersebut. Namun WHO lebih meminta pemegang kebijakan untuk mempertimbangkan banyak faktor.

Sementara ahli epidemiolog belum merekomendasikan hal ini karena beberapa faktor, utamanya ketidakadilan dan belum ada bukti kuat vaksin dapat mencegah infeksi.

Ini adalah salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Senin, 9 Agustus 2021.

Berita populer lainnya adalah tentang potensi obat Covid-19 dari obat cacing pita, makanan untuk mencegah berat badan, hingga bahaya mi instan untuk kesehatan.

Baca juga: [POPULER SAINS] Bisakah Alami Long Covid Jika Sudah Vaksin? | Jumlah Kalori Roti Tawar

Berikut rangkumannya:

1. Soal sertifikat vaksin Covid-19 menurut WHO dan epidemiolog

Dilansir dari laman resminya, WHO tidak dalam posisi mendukung atau menentang sertifikat vaksin Covid-19 sebagai syarat beraktivitas.

Namun WHO mengatakan ada beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan bagi pemerintah atau pembuat kebijakan.

Sementara ahli epidemiologi dari Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, setidaknya ada dua alasan kenapa hal ini belum direkomendasikan.

Pertama, belum ada bukti kuat vaksin bisa mencegah infeksi. Kedua, masalah stok, suplai, dan akses terhadap vaksin yang berkaitan dengan ketidakadilan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.