Kompas.com - 23/01/2022, 17:32 WIB
Avena sativa saat masih di pohon Matt Lavin/FlickrAvena sativa saat masih di pohon

KOMPAS.comAvena sativa adalah nama ilmiah untuk tumbuhan oat. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan paling sehat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan, tumbuhan ini juga dikembangkan untuk dikonsumsi sebagai obat.

Berbagai bagian oat yang dikonsumsi

Setiap bagian avena sativa atau oat bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa bagian oat yang bisa dikonsumsi:

  • Biji muda: biji muda adalah biji oat yang dipanen dini. Biji muda ini memiliki kandungan mineral paling tinggi, terutama potasium dan magnesium. Bagian ini biasanya dijual dalam bentuk suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.
  • Biji matang: biji inti oat yang telah matang adalah yang biasa kita konsumsi menjadi oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang kaya nutrien, seperti mangan, zinc, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, B2, dan E.
  • Groat atau whole grain: whole grain ini meliputi seluruh bagian oat, namun yang telah dikupas kulit terluarnya saja. Whole grain oat ini kaya akan serat larut, protein, lemak tidak jenuh, vitamin, dan mineral.
  • Tangkai oat: tangkai oat ini mengandung zat besi tinggi, mangan, dan zinc.

Baca juga: Makan Oat Mentah, Amankah untuk Kesehatan?

Manfaat avena sativa

Avena sativa mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikut manfaat avena sativa:

1. Menurunkan kolesterol

Memakan oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena kandungan beta glukan dan serat di dalam oat yang mampu menurunkan lipoprotein. Oleh karena itu, oat juga mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian selama 12 minggu menunjukkan bahwa konsumsi oat secara rutin mampu menurunkan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh.

3. Mencegah diabetes

Konsumsi avena sativa secara rutin terbukti mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Berbagai studi telah dilakukan untuk mengetahui mekanisme tentang efek ini, namun peneliti belum menemukan jawabannya. Peneliti menduga, oat mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Bermanfaat bagi kulit

Oat banyak digunakan dalam berbagai produk kulit, terutama untuk kulit yang sensitif dan kemerahan. Oat terbukti bisa meredakan berbagai kondisi kulit, seperti dermatitis, pruritis, jerawat, dan eksim. Efek ini merupakan hasil dari aktivitas antiinflamasi dan antibakteri di dalam avena sativa.

Baca juga: Manfaat Oatmeal, Makanan Kaya Antioksidan yang Turunkan Kolesterol

5. Menjaga sistem saraf dan mental

Avena sativa memiliki manfaat luar biasa bagi sistem saraf dan mental. Salah satu mekanisme yang telah terbukti melalui penelitian adalah oat mampu menunjang fungsi kognitif pada keadaan stres sehingga bisa menjaga mental dengan baik. Selain itu, mengonsumsi oat juga menunjukkan peningkatan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus pada tugas dalam waktu yang lebih lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.