Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Tembaga untuk Tubuh Manusia dan Makanan Sumber Tembaga

Kompas.com - 05/01/2022, 13:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Tembaga adalah mineral penting untuk tubuh manusia. Mineral ini ditemukan di berbagai jaringan tubuh dan memiliki fungsi penting untuk tubuh. Sama seperti logam lainnya, tembaga dibutuhkan oleh tubuh namun tidak boleh terlalu banyak karena bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Manfaat tembaga

Manfaat utama tembaga bagi tubuh manusia adalah untuk membentuk sel darah merah serta menjaga sel saraf dan sistem imun. Selain itu, tubuh juga membutuhkan tembaga untuk manfaat berikut ini.

Menjaga kesehatan kardiovaskular

Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan tembaga dalam tubuh akan meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Studi pada hewan menunjukkan bahwa suplemen tembaga mampu menurunkan penyakit kardiovaskular. Namun, ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efeknya pada manusia.

Menjaga sistem imun

Kekurangan tembaga dapat memicu neutropenia. Neutropenia adalah kondisi kekurangan sel darah putih bernama neutrofil yang berfungsi mencegah infeksi. Jika seseorang mengalami neutropenia, maka dia akan lebih mudah terkena penyakit infeksi. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tembaga bisa menjaga sistem imun tetap optimal.

Baca juga: Manfaat Seledri untuk Tubuh, Bisa Turunkan Kolesterol

Mencegah osteoporosis

Defisiensi tembaga diduga berkaitan dengan rendahnya kepadatan tulang seseorang sehingga meningkatkan risiko terkena osteoporosis. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui seberapa parah defisiensi tembaga mempengaruhi kepadatan tulang untuk mencegah osteoporosis.

Meningkatkan produksi kolagen

Tembaga membantu tubuh untuk meningkatkan dan menjaga produksi kolagen dan elastin, yang merupakan jaringan penting di dalam tubuh, terutama pada kulit. Selain itu, tembaga juga diyakini memiliki efek antioksidan. Kedua fungsi tersebut membuat tembaga bisa mencegah penuaan pada kulit.

Makanan yang mengandung tembaga

Orang dewasa membutuhkan 900 mikrogram tembaga setiap harinya. Tidak perlu khawatir, defisiensi tembaga jarang terjadi. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi makanan berikut ini karena kaya akan mineral tembaga.

  • Makanan laut, seperti tiram, cumi-cumi, dan lobster
  • Organ sapi, seperti hati
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Buah dan sayuran
  • Lada hitam
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com