Kompas.com - 24/12/2021, 20:30 WIB
Seledri, sayur yang kaya manfaat pixabaySeledri, sayur yang kaya manfaat

KOMPAS.comSeledri biasanya hanya dijadikan bahan tambahan di sop, bubur, atau soto. Namun, banyak juga yang menambahkan seledri ke dalam jus. Ternyata seledri memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh. Jika sudah tahu manfaatnya, mungkin Anda akan memikirkan untuk mengonsumsi seledri setiap hari.

Manfaat seledri

Seledri adalah sayur yang termasuk dalam family Apiaceace, bersama dengan wortel dan parsley. Seledri mengandung berbagai macam antioksidan yang membuat seledri bermanfaat bagi tubuh. Berbagai studi telah dilakukan untuk membuktikan khasiat seledri, berikut beberapa diantaranya.

1. Mencegah kanker dan mengurangi radang

Seledri mengandung komponen bernama apigenin yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Apigenin pada seledri akan menurunkan inflamasi dalam tubuh dan meningkatkan sistem imun.

Apigenin adalah antioksidan kuat yang mampu melawan kanker. Sebuah studi di laboratorium menunjukkan bahwa apigenin berfungsi untuk mematikan sel kanker dan mencegah sel kanker untuk menyebar.

2. Menurunkan tekanan darah

Seledri termasuk ke dalam obat tradisional China yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Percobaan untuk membuktikan khasiat ini pernah dilakukan pada manusia dan terbukti menunjukkan penurunan tekanan darah, baik sistol maupun diastolnya.

Baca juga: 7 Makanan untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi

3. Mencegah penyakit Alzheimer

Seledri mengandung L-3-n-butylphthalide yang terbukti mampu meningkatkan memori dan kemampuan kognitif. Hal ini membuat seledri cukup menjanjikan untuk mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer.

4. Menurunkan kolesterol

Tingginya kolesterol erat dengan kondisi hiperlipidemia. Jika tidak ditangani, maka kondisi ini akan memicu penyakit jantung dan stroke. Seledri telah terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total.

5. Manfaat lainnya

Seledri juga dipercaya memiliki banyak manfaat, seperti mengobati asam urat, reumatik, bronkitis, asma, psoriasis, meredakan muntah, dan menurunkan demam. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk khasiat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.