[POPULER SAINS] Masa Karantina dari Luar Negeri Dipangkas | Viral Bola Api Banaspati | China Bagikan Potret Mars

Kompas.com - 05/01/2022, 07:03 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Selasa (4/1/2022) hingga Rabu (5/1/2022). Mulai dari masa karantina dari luar negeri dipangkas, viral bola api Banaspati dan wujud hantu bola api, China bagikan protret Planet Mars hingga penyebab cuaca dingin bukan Aphelion. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Selasa (4/1/2022) hingga Rabu (5/1/2022). Mulai dari masa karantina dari luar negeri dipangkas, viral bola api Banaspati dan wujud hantu bola api, China bagikan protret Planet Mars hingga penyebab cuaca dingin bukan Aphelion.


KOMPAS.com - Beberapa berita populer Sains membuka awal tahun 2022 dengan berbagai fenomena. Selain soal dipangkasnya masa karantina dari luar negeri, juga ulasan tentang video viral bola api yang disebut warganet sebagai Banaspati.

Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 telah usai, namun kekhawatiran akan penularan Covid varian baru terus menjadi perhatian khusus.

Belum lama ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan baru tentang aturan masa karantina untuk pelaku perjalanan luar negeri.

Aturan tentang masa karantina dari luar negeri yang dipangkas menjadi 7-10 hari, mendapat tanggapan dari pakar epidemiologi.

Berita populer Sains yang cukup menarik sepanjang Selasa (4/1/2022) yakni soal video viral bola api yang ramai di media sosial dan disebut-sebut sebagai wujud makhluk halus, Banaspati.

Budayawan turut menjelaskan fenomena bola api yang dikaitkan dengan cerita-cerita makhluk halus yang berkembang di antara masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jawa.

Kabar dari misi luar angkasa China, juga tak kalah menarik. Wahana antariksa Tianwen-1 membagikan potret wajah Planet Mars.

Serta, ramainya pesan berantai di media sosial yang mengungkapkan penyebab cuaca dingin yang dikabarkan akan melanda wilayah Indonesia, disebabkan oleh fenomena Aphelion.

Isu itu pun langsung dibantah Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan memberikan penjelasan mengenai penyebab cuaca dingin yang terjadi.

Selengkapnya, berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Selasa (4/1/2022) hingga Rabu (5/1/2022) pagi.

Masa karantina dari luar negeri dipangkas

Sebelumnya, aturan masa karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri adalah 10 sampai 14 hari.

Dalam konferensi pers daring, Senin (3/1/2022) lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah akan mengurangi durasi masa karantina dari luar negeri menjadi 7 hingga 10 hari.

Alasannya, masa karantina terbaru ini dinilai karena kasus Covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.