Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin Booster Indonesia, Satgas Covid-19 Ungkap Uji Klinis Tidak Ada KIPI Berat

Kompas.com - 05/01/2022, 10:30 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pemerintah berencana melakukan program vaksinasi booster atau dosis ketiga yang akan dilaksanakan pada 12 Januari 2022 mendatang. Satgas Covid-19 ungkap, hasil uji klinis vaksin booster di Indonesia tidak menunjukkan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berat. 

Hal tersebut diumumkan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (4/1/2022).

Wiku memaparkan, sebelum vaksin dosis ketiga diberikan kepada masyarakat, uji klinis telah dilakukan terhadap beberapa subjek penelitian.

Hasil dari uji klinis tersebut tidak mengindikasikan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berat ketika subjek penelitian diberikan vaksin booster.

Baca juga: Menkes Sebut Vaksin Booster Diperkirakan Awal Tahun 2022, Siapa Saja yang Diprioritaskan?

 

"Sejauh ini telah dilakukan uji klinis pemberian booster vaksin dan ditemukan tidak ada indikasi KIPI berat pada subjek penelitian, dan direkomendasikan bahwa antara pemberian dosis 2 dan 3 minimal 6 bulan setelahnya," jelasnya.

Lebih lanjut, dia berkata bahwa program vaksinasi booster 12 Januari mendatang ini sesuai target Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada trimester pertama tahun 2022.

Dijelaskan Wiku, program vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau vaksin booster Indonesia ini akan menunggu rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group (ITAGI) serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), termasuk jenis vaksin yang akan digunakan.

Baca juga: 6 Fakta Vaksin Booster di Indonesia, Mekanisme hingga Jenis Vaksinnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com