Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Manfaat Avena Sativa atau Oat untuk Kesehatan, Bisa Mengurangi Stres

KOMPAS.com - Avena sativa adalah nama ilmiah untuk tumbuhan oat. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan paling sehat dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bahkan, tumbuhan ini juga dikembangkan untuk dikonsumsi sebagai obat.

Berbagai bagian oat yang dikonsumsi

Setiap bagian avena sativa atau oat bisa dikonsumsi dengan cara yang berbeda dan memiliki manfaat yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa bagian oat yang bisa dikonsumsi:

Manfaat avena sativa

Avena sativa mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh. Berikut manfaat avena sativa:

1. Menurunkan kolesterol

Memakan oatmeal bisa menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat dalam darah. Hal ini karena kandungan beta glukan dan serat di dalam oat yang mampu menurunkan lipoprotein. Oleh karena itu, oat juga mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

2. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian selama 12 minggu menunjukkan bahwa konsumsi oat secara rutin mampu menurunkan berat badan, lemak tubuh, dan indeks massa tubuh.

3. Mencegah diabetes

Konsumsi avena sativa secara rutin terbukti mampu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Berbagai studi telah dilakukan untuk mengetahui mekanisme tentang efek ini, namun peneliti belum menemukan jawabannya. Peneliti menduga, oat mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Bermanfaat bagi kulit

Oat banyak digunakan dalam berbagai produk kulit, terutama untuk kulit yang sensitif dan kemerahan. Oat terbukti bisa meredakan berbagai kondisi kulit, seperti dermatitis, pruritis, jerawat, dan eksim. Efek ini merupakan hasil dari aktivitas antiinflamasi dan antibakteri di dalam avena sativa.

5. Menjaga sistem saraf dan mental

Avena sativa memiliki manfaat luar biasa bagi sistem saraf dan mental. Salah satu mekanisme yang telah terbukti melalui penelitian adalah oat mampu menunjang fungsi kognitif pada keadaan stres sehingga bisa menjaga mental dengan baik. Selain itu, mengonsumsi oat juga menunjukkan peningkatan konsentrasi dan kemampuan untuk fokus pada tugas dalam waktu yang lebih lama.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/01/23/173200823/manfaat-avena-sativa-atau-oat-untuk-kesehatan-bisa-mengurangi-stres

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke