Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/01/2022, 21:00 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Roket Falcon 9 milik SpaceX kembali meluncurkan 49 satelit internet Starlink dari Kennedy Space Center milik NASA di Florida, Amerika Serikat.

Peluncuran roket yang dilakukan pada pada Rabu (18/1/2022) lalu itu melalui dua tahap. Roket pertama lepas landas pada pukul 21:02 waktu setempat.

Lalu, sekitar sembilan menit kemudian roket pendorong turun ke Bumi dan mendarat tepat di landasan tanpa awak SpaceX yang dinamai A Shortfall of Gravitas, di pantai Florida di Samudra Atlantik.

Dilansir dari Space, Kamis (19/1/2022) roket Falcon 9 tahap kedua meluncur ke orbit kemudian mengerahkan satelit 15 menit setelah peluncuran berlangsung.

Baca juga: Satelit SpaceX Milik Elon Musk Buat Netizen China Murka, Ini Alasannya

SpaceX sebelumnya sudah meluncurkan enam misi khusus Starlink, di antaranya satelit GPS III-3 untuk militer Amerika Serikat, satelit Turksat 5A untuk Turki, serta misi rideshare Transporter 2 yang mengangkat 85 satelit kecil dan tiga pesawat Starlink.

Peluncuran tersebut menjadi misi khusus ke-36, di mana total satelit Starlink Spacex telah mencapai lebih dari 2.000 unit.

Seluruh pesawat luar angkasa itu telah diluncurkan sejak Mei 2019, kecuali dua prototipe yang disebut TinTin A dan TinTin B yang lebih dulu lepas landas pada Februari 2018 lalu.

Pendiri sekaligus CEO SpaceX Elon Musk menuturkan bahwa sebagian besar satelit Starlink saat ini masih aktif dan beroperasi dengan normal.

"1.469 satelit Starlink aktif, 272 bergerak ke orbit operasional. Laser link segera diaktifkan," tulis pendiri Musk melalui akun Twitter-nya, Sabtu (15/1/2022).

Di sisi lain, laser link mengacu pada peningkatan yang diterapkan SpaceX pada 2021, memungkinkan satelit Starlink dapat terhubung satu sama lain tanpa bergantung pada pergantian di darat.

Baca juga: Buat Sejarah, SpaceX Luncurkan 4 Warga Sipil Lewat Misi Inspiration4

Halaman:
Sumber Space
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com