Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SpaceX Akan Bergabung dalam Misi NASA ke Bulan Es Planet Jupiter

Kompas.com - 26/07/2021, 10:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Space


KOMPAS.com - SpaceX akhirnya memenangi kontrak dengan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA). Roket SpaceX Falcon Heavy akan bergabung dalam misi ke bulan es Jupiter.

Europa adalah salah satu bulan Planet Jupiter, yang diketahui mengandung es dan air. Misi NASA ke bulan Jupiter ini adalah misi yang sangat dinanti-nantikan.

Dilansir dari Space, Senin (26/7/2021), misi Europa Clipper NASA ini dijadwalkan meluncur pada Oktober 2024.

Menurut pernyataan pejabat NASA pada Jumat (23/7/2021), pesawat ruang angkasa Europa Clipper senilai 4,25 miliar dollar AS ini akan diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon Heavy.

Baca juga: Sabtu ini, NASA Siapkan Peluncuran 2 Astronot ke ISS dengan Roket SpaceX

 

Adapun nilai total kontrak perusahaan antariksa milik Elon Musk dengan NASA ini adalah sekitar 178 juta dollar AS, yakni kontrak penggunaan roket SpaceX untuk misi ke bulan es Jupiter.

Apabila semuanya berjalan sesuai rencana, pesawat ruang angkasa Clipper akan lepas landas pada Oktober 2024 dari NASA Kennedy Space Center di Florida dan tiba di orbit sekitar Jupiter pada April 2030.

Europa, bulan Jupiter ini memiliki lautan yang luas berisi air di bawah cangkang esnya dan dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di Tata Surya untuk menampung kehidupan asing, di luar Bumi.

Misi NASA yang akan diluncurkan dengan roket SpaceX menuju bulan es Jupiter ini akan melakukan penyelidikan dan mempelajari Europa secara mendalam selama hampir 50 kali penerbangan dekat bulan tersebut, dengan perjalanan selama sekitar empat tahun Bumi.

Baca juga: Besok, NASA Luncurkan 2 Astronot ke Ruang Angkasa dengan Roket SpaceX

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com