Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Starship Milik SpaceX Berhasil Mendarat, tapi Langsung Meledak

Kompas.com - 05/03/2021, 19:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Hari Rabu (3/3/2021), perusahaan SpaceX milik Elon Musk meluncurkan penerbangan Starship ke ketinggian baru.

Starship merupakan pesawat luar angkasa impian Elon Musk yang diharapkan bisa meroket ke Mars.

Dalam peluncurannya, wahana Starship yang dinamai Serial Number 10 (SN10) berhasil mendarat dengan mulus di Boca Chica, Texas, dekat Brownsville.

Dilansir BBC, Jumat (5/3/2021), SN10 cukup berhasil dalam pendaratan dan bernasib beda dengan pendahulunya SN8 dan SN9 yang jatuh menabrak tanah.

Baca juga: SpaceX Cetak Rekor Dunia Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa Terbanyak

Namun itu bukan akhir dari uji coba ini. Pasalnya, kendaraan luar angkasa generasi maju ini mengalami masalah beberapa menit usai mendarat.

Kaki-kaki SN10 tak dapat menopang roket. Api kemudian menyala di sekitar pangkalan dan delapan menit kemudian SN10 meledak di landasan pendaratan.

Lepas landas, berhasil mendarat, hingga meledak

Dilansir New York Post, Rabu (3/3/2021), SN10 yang tidak berawak mengudara setelah matahari terbenam. SN10 naik secara vertikal dengan dorongan tiga mesin Raptor berbahan bakar metana.

Ekstreior baja tahan karatnya berubah menjadi ungu saat ada di ketinggian target sekitar 10 kilometer. Namun, kendaraan kemudian mulai menukik secara horizontal dan mengarah kembali ke tanah.

Penurunan ini, yang dikendalikan oleh sayap besar di kedua ujung kendaraan, dimaksudkan untuk mensimulasikan bagaimana Starship masa depan yang operasional akan memasuki kembali atmosfer Bumi dari jalur orbit, dengan menghadirkan area permukaan yang besar ke arah perjalanan untuk menghilangkan kecepatan.

Wahana itu seharusnya melakukan transisi kembali ke konfigurasi tail-down, atau bagian ekor yang turun ke bawah, sebelum mencapai permukaan.

SN8 dan SN9 gagal melakukan hal itu. Kedua kendaraan tersebut tidak dapat mengadopsi pengarahan orientasi yang benar serta pengurangan kecepatan.

Namun, SN10 mampu melakukannya dengan benar, dan melambat dengan cepat sambil mendarat di atas bantalan beton.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com