Kompas.com - 17/09/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.com - SpaceX baru saja membuat sejarah dengan meluncurkan empat orang warga sipil ke orbit Bumi lewat misi Inspiration4.

Dilansir dari Live Science, Jumat (17/9/2021), misi Inspiration4 ini diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center milik NASA yang ada di Florida, pada Rabu (15/9/2021) pukul 20.02 EDT atau Kamis (16/9/2021) pukul 7.00 WIB.

Keempat awak yang tidak memiliki background astronot atau pilot itu menggunakan pesawat ruang angkasa Crew Dragon.

"Nantinya akan banyak orang (warga sipil) yang akan menyusul ke luar angkasa. Jalan ke sana sudah terbuka dan ini sangat luar biasa," kata salah satu kru Inspiration4 Jared Issacman dari dalam pesawat Crew Dragon.

Baca juga: Lewat Misi Inspiration 4, SpaceX Kirim 4 Warga Sipil ke Luar Angkasa

Sebelum lepas landas, kondisi cuaca diramalkan 80 persen bagus dan diramalkan tidak akan ada halangan dari faktor alam.

Falcon 9 akhirnya menerangi langit, cahayanya bak mengubah malam menjadi siang. Gemuruh dari mesin roket bahkan memicu alarm mobil yang ada di area lapangan berbunyi.

Harapan yang menginspirasi

Sepuluh bulan yang lalu, pengusaha teknologi miliarder Jared Isaacman mengumumkan kepada dunia bahwa ia akan memulai jenis baru penerbangan luar angkasa yang tidak melibatkan astronot profesional, tetapi membawa warga sipil ke luar angkasa.

Dalam upaya untuk membedakan misinya dari miliarder lain yang pergi ke luar angkasa, Isaacman memutuskan untuk mengumpulkan uang dan untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Untuk itu, lahirlah misi Inspiration4.

Isaacman membeli penerbangan warga sipil dari SpaceX dengan jumlah uang yang tidak diungkapkan.

Dia tahu dia akan menggunakan kursi-kursi itu untuk menjalankan tujuan misinya menginspirasi umat manusia sambil mengumpulkan uang untuk penelitian kanker anak-anak.

Selain Isaacman, ada tiga orang lagi yang ikut terbang bersamanya. Siapa saja?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.