Kompas.com - 17/09/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi mendengarkan musik sambil belajar. Musik dapat memberi manfaat baik dan buruk bagi otak. SHUTTERSTOCK/HalfpointIlustrasi mendengarkan musik sambil belajar. Musik dapat memberi manfaat baik dan buruk bagi otak.


KOMPAS.com - Belakangan warganet ramai membahas soal video yang menunjukkan sejumlah santri menutup telinga saat mendengar lantunan musik di tengah menunggu giliran vaksinasi Covid-19.

Warganet pun terbagi pro dan kontra, mempermasalahkan hal ini. Bahkan, sejumlah pesohor pun ikut mengomentari hal ini.

Menurut beberapa pihak, aksi santri tutup telinga dengar musik ini dilakukan agar hafalan ayat suci Al Quran yang sedang mereka pelajari tidak hilang.

Lantas, benarkah musik dapat mengganggu otak dalam menghafal dan berkonsentrasi dalam belajar?

Dilansir dari Healthline, Jumat (17/9/2021), musik dan belajar adalah kedua aktivitas yang cukup rumit. Ada beberapa orang yang menjadikan musik sebagai alat yang dapat membantu mereka berkonsentrasi saat belajar atau bekerja.

Namun, tidak sedikit orang yang juga merasa tidak mungkin bisa berkonsentrasi dengan kebisingan atau adanya musik di sekitar mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Musik memang menawarkan banyak manfaat baik, tetapi musik juga bisa memberikan efek buruk yang mungkin merugikan bagi beberapa orang.

Baca juga: Musik Klasik Membuat Bayi Lebih Cerdas, Fakta atau Mitos?

 

Manfaat baik musik untuk otak

Beberapa orang ada yang merasa musik dapat memberikan manfaat positif bagi diri mereka. Adapun manfaat musik yang umumnya dirasakan oleh orang-orang, antara lain sebagai berikut.

  1. Memperbaiki mood atau suasana hati
  2. Meningkatkan motivasi
  3. Meningkatkan memori dan stimulus otak
  4. Dapat mengobati rasa sakit dan kelelahan

Melihat manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari mendengarkan musik tersebut, mungkin tampaknya cukup logis apabila musik dapat meningkatkan semangat belajar.

Akan tetapi, tidak semua orang sepakat akan hal ini. Sebab, musik tidak dapat memengaruhi semua orang dengan cara yang sama.

Jadi, jawaban atas pertanyaan "Apakah musik dapat membantu kita fokus belajar?" adalah sangat kompleks dari sekadar jawaban "ya" atau "tidak".

Konon, memang benar ada beberapa jenis musik yang dapat meningkatkan konsentrasi dan memori otak, serta meningkatkan kewaspadaan. 

Baca juga: MP3 Tonggak Musik Digital yang Manfaatkan Respons Otak

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.