Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/09/2021, 21:13 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menjadi lebih kaku dan kekuatannya pun berkurang. Demikian juga saat memasuki usia 40 tahun, kemampuan Anda berolahraga mungkin tak lagi sekuat dulu.

Bisa jadi hal itu juga yang menjadi alasan, mengapa banyak atlet pensiun sebelum usia mereka masuk 40 tahun.

Namun, bukan berarti di usia 40 tahun Anda harus menghindari olahraga. Justru di usia ini, penting untuk menjaga kesehtan tubuh secara keseluruhan dengan berolahraga.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Melansir Health, ahli bedah ortopedi dan spesialis mobilitas Vonda Wright, MD membagikan empat cara berolahraga untuk Anda yang berusia 40 tahun ke atas.

1. Jangan lewatkan peregangan 

Dr. Wright, yang juga pemimpin Performance and Research Initiative for Masters Athletes di University of Pittsburgh Medical Center mengatakan, seiring bertambahnya usia, tendon dan otot kita cenderung menjadi lebih kencang, dan risiko cedera—khususnya tendinitis—meningkat.

Dia mengumpamakan jaringan ikat kaku dengan karet gelang yang mengering. Satu tarikan yang keras akan membuat material yang rapuh robek. Inilah sebabnya, mengapa penting bagi Anda yang berusia 40-an melakukan peregangan setiap hari.

"Cobalah untuk melakukan foam rolling. Pada dasarnya log dari busa keras berfungsi sebagai rolling pin untuk memecah adhesi kecil dan jaringan parut, sehingga meningkatkan aliran darah ke area bermasalah," katanya.

Dr. Wright juga merekomendasikan untuk melakukan peregangan dinamis dan pemanasan, yang melibatkan gerakan lambat dan terkontrol (seperti roll bahu dan sumo squat) daripada peregangan statis (pegang pergelangan kaki Anda dan tahan selama 30 menit).

"Peregangan seringkali diabaikan. Tapi, jika Anda ingin tetap aktif di usia Anda, penting untuk melakukan peregangan. Anda bisa melakukannya di pagi hari, saat istirahat makan siang atau malam hari sambil menonton TV,” kata Dr. Wright.

Baca juga: Mengapa Penglihatan Jarak Dekat di Usia 40 Tahun Mulai Berkurang?

.Getty Images/iStockphoto .

2. Latihan kekuatan otot atau Anda akan kehilangannya

“Ini menyedihkan tapi benar terjadi. Antara ulang tahun ke-25 hingga ke-50, Anda bisa kehilangan hingga 10% dari massa otot Anda,” ungkap Dr. Wright.

Kemudian selama 30 tahun setelahnya, Anda bisa kehilangan 45% lagi. Dan buruknya, otot yang hilang biasanya digantikan oleh lemak.

"Lemak ini membuat kita lebih besar, karena setengah kilogram lemak membutuhkan 18% lebih banyak ruang di tubuh kita," tulisnya.

Tapi, Anda dapat mencegah kehilangan otot dengan selalu menggunakan otot Anda, dengan latihan kekuatan secara rutin, seperti angkat beban, naik turun tangga, atau squat.

3. Latihan keseimbangan

Memasuki usia 40, koneksi neuromuskular yang membantu kita tetap tegak perlahan-lahan akan menurun.

Meski demikian, dr. Wright mengatakan, di usia 40-an Anda masih bisa mendapatkan kembali keseimbangan itu dengan latihan khusus setiap hari.

Ia merekomendasikan, untuk melatih keseimbangan dengan berdiri dengan satu kaki seperti bangau setiap pagi.

“Kita tidak akan tahu bagaimana kemampuan keseimbangan kita sampai kita jatuh saat berdiri satu kaki,” ujarnya.

Dia juga menyarankan berlatih tai chi, pilates, atau yoga untuk dapat meningkatkan stabilitas.

Dengan rutin berolahraga di usia 40 tahun ke atas, kekuatan tubuh dan kesehatan tubuh akan ettap terjaga.

Baca juga: Cara Memilih Jenis Olahraga yang Tepat Agar Terhindar dari Cedera

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Health.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com