Kompas.com - 16/09/2021, 21:13 WIB
Ilustrasi peregangan. PEXELS/JONATHAN BORBAIlustrasi peregangan.

KOMPAS.com - Seiring bertambahnya usia, tubuh akan menjadi lebih kaku dan kekuatannya pun berkurang. Demikian juga saat memasuki usia 40 tahun, kemampuan Anda berolahraga mungkin tak lagi sekuat dulu.

Bisa jadi hal itu juga yang menjadi alasan, mengapa banyak atlet pensiun sebelum usia mereka masuk 40 tahun.

Namun, bukan berarti di usia 40 tahun Anda harus menghindari olahraga. Justru di usia ini, penting untuk menjaga kesehtan tubuh secara keseluruhan dengan berolahraga.

Baca juga: 4 Cara Terbaik Menurunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Melansir Health, ahli bedah ortopedi dan spesialis mobilitas Vonda Wright, MD membagikan empat cara berolahraga untuk Anda yang berusia 40 tahun ke atas.

1. Jangan lewatkan peregangan 

Dr. Wright, yang juga pemimpin Performance and Research Initiative for Masters Athletes di University of Pittsburgh Medical Center mengatakan, seiring bertambahnya usia, tendon dan otot kita cenderung menjadi lebih kencang, dan risiko cedera—khususnya tendinitis—meningkat.

Dia mengumpamakan jaringan ikat kaku dengan karet gelang yang mengering. Satu tarikan yang keras akan membuat material yang rapuh robek. Inilah sebabnya, mengapa penting bagi Anda yang berusia 40-an melakukan peregangan setiap hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Cobalah untuk melakukan foam rolling. Pada dasarnya log dari busa keras berfungsi sebagai rolling pin untuk memecah adhesi kecil dan jaringan parut, sehingga meningkatkan aliran darah ke area bermasalah," katanya.

Dr. Wright juga merekomendasikan untuk melakukan peregangan dinamis dan pemanasan, yang melibatkan gerakan lambat dan terkontrol (seperti roll bahu dan sumo squat) daripada peregangan statis (pegang pergelangan kaki Anda dan tahan selama 30 menit).

"Peregangan seringkali diabaikan. Tapi, jika Anda ingin tetap aktif di usia Anda, penting untuk melakukan peregangan. Anda bisa melakukannya di pagi hari, saat istirahat makan siang atau malam hari sambil menonton TV,” kata Dr. Wright.

Baca juga: Mengapa Penglihatan Jarak Dekat di Usia 40 Tahun Mulai Berkurang?

.Getty Images/iStockphoto .

2. Latihan kekuatan otot atau Anda akan kehilangannya

“Ini menyedihkan tapi benar terjadi. Antara ulang tahun ke-25 hingga ke-50, Anda bisa kehilangan hingga 10% dari massa otot Anda,” ungkap Dr. Wright.

Halaman:


Sumber Health.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.