Kompas.com - 16/09/2021, 21:00 WIB
Ilustrasi es batu. PEXELS/COTTONBROIlustrasi es batu.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Benda dapat berubah wujud dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Contoh dari perubahan wujud benda dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari, seperti es yang mencair atau air yang menguap.

Terjadinya perubahan wujud benda disebabkan oleh adanya aksi terhadap benda tersebut. Misal, air yang dipanaskan atau air yang dibekukan.

Dilansir dari Rumah Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut adalah 6 macam perubahan wujud benda:

1. Menguap

Menguap adalah peristiwa perubahan zat cair menjadi gas. Terdapat empat cara untuk mempercepat terjadinya penguapan, yakni memanaskan, memperluas permukaan, meniup udara di atas permukaan, dan mengurangi tekanan di atas permukaan.

Prinsip penguap dipakai sebagai cara kerja beberapa benda yang sering digunakan sehari-hari, yakni sebagai dasar untuk membuat kulkas dan AC.

Baca juga: Apa Itu Bintang dan Bagaimana Benda Langit Ini Terbentuk?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Mencair

Mencair merupakan peristiwa perubahan zat padat menjadi zat cair. Suatu benda dapat mencair karena adanya kenaikan suhu menjadi lebih panas.

Contoh perubahan zat padat menjadi zat cair adalah es batu di dalam air yang semakin lama akan berubah menjadi air.

Mentega yang dipanaskan di atas wajah dan menjadi minyak juga merupakan contoh proses perubahan zat padat menjadi zat cair.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.