Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2021, 21:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Sternum adalah tulang panjang dan rata yang melindungi otot, organ, dan arteri penting di dalam dada. Ini termasuk paru-paru, jantung, dan semua pembuluh darah, otot, serta tulang rawan.

Selain itu, sternum juga berfungsi sebagai struktur penghubung ke tulang rusuk atas di kedua sisi tubuh.

Selama operasi jantung, sternum harus dipotong sehingga rehabilitasi untuk prosedur tersebut lebih intensif dibandingkan kebanyakan prosedur lainnya.

Anatomi sternum

Dilansir dari Verywell Health, sternum memiliki tiga bagian utama, yakni manubrium, tubuh, dan prosesus xiphoid.

Manubrium adalah bagian persegi yang lebar di bagian atas. Tubuh adalah bagian panjang dan datar yang membentuk sebagian besar tulang dada.

Baca juga: 6 Jenis Kelainan Tulang yang Perlu Anda Ketahui

Sedangkan prosesus xiphoid adalah titik kecil di ujung tulang dada yang secara signifikan lebih sempit dan lebih tipis daripada bagian tulang dada lain.

Secara keseluruhan, sternum dibandingkan dengan bentuk pedang terbalik karena bagian persegi panjang di bagian atasnya menyerupai pegangan.

Sementara itu, sisa tulang dada rata dan panjang, mirip dengan bilah pedang dengan ujung yang terlihat seperti prosesus xiphoid.

Fungsi sternum

Dilansir dari Healthline, sternum memiliki dua fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yakni:

1. Fungsi perlindungan

Sternum, bersama dengan tulang rusuk, berfungsi untuk melindungi organ-organ penting, seperti jantung, paru-paru, dan arteri.

Baca juga: Kelainan Tulang hingga Patah Tulang, Begini Diagnosis dan Penanganannya

2. Fungsi penyokong

Sternum juga menyediakan titik koneksi untuk bagian lain dari sistem kerangka, termasuk tulang selangka dan sebagian besar tulang rusuk. Beberapa otot dada dan otot perut bagian atas juga terhubung ke sternum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com