Kompas.com - 28/10/2021, 13:00 WIB
Ilustrasi kaki berbentuk X dan O, merupakan salah satu kelainan tulang yang kerap dijumpai masyarakat. Bentuk kaki yang X atau O ini terjadi karena adanya defisiensi zat gizi seperti defisiensi vitamin D atau rickets, atau adanya gangguan hormonal seperti hiperparatiroid. SHUTTERSTOCK/BarksIlustrasi kaki berbentuk X dan O, merupakan salah satu kelainan tulang yang kerap dijumpai masyarakat. Bentuk kaki yang X atau O ini terjadi karena adanya defisiensi zat gizi seperti defisiensi vitamin D atau rickets, atau adanya gangguan hormonal seperti hiperparatiroid.

KOMPAS.com - Permasalahan tubuh yang kerap kali terabaikan atau tidak diketahui adalah kelainan pada tulang.

Tidak hanya patah tulang saja, ada banyak sekali kelainan tulang yang sebenarnya harus diwaspadai.

Untuk mengetahui kelainan tulang tersebut, perlu dilakukan tindakan koreksi kelainan bentuk tulang Anda.

Dokter Spesialis Bedah Ortopedi sekaligus Konsultan Ortopedi Anak, Limb Lengthening and Reconstruction, RS Pondok Indah, Pondok Indah dan RS Pondok Indah, Bintaro Jaya dr Faisal Miraj Sp.OT(K) mengatakan, tindakan pengoreksian tulang biasanya dilakukan akibat adanya kelainan tulang, khususnya di sekitar tungkai kaki dan lengan.

Baca juga: Kelainan Tulang hingga Patah Tulang, Begini Diagnosis dan Penanganannya

"(Kelainan tulang di sekitar tungkai kaki dan lengan) dapat terjadi karena beberapa penyebab, tergantung jenis kelainan yang diderita," kata Faisal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Koreksi tulang ini dilakukan untuk mengetahui jenis kelainan tulang yang diderita pasien dan terapi apa yang tepat untuk mereka.

Jenis kelainan tulang

Berikut beberapa jenis-jenis kelainan tulang yang bisa terjadi.

1. Kelainan pendeknya tungkai kaki

Kelainan pendeknya tungkai kaki, atau kelainan bentuk tungkai kaki dan lengan, disebabkan oleh kelainan bawaan seperti skeletal displasia, hemimelia, limb deficiency, hemihipertrophi, radial club hand, multiple hereditary exostoses, oliers disease, dan osteogenesis imperfecta.

2. Kaki berbentuk X atau O

Kelainan tulang lainnya yang mungkin sering Anda temukan di masyarakat dan terlihat jelas adalah kaki yang berbentuk X ataupun O.

Bentuk kaki yang X atau O ini terjadi karena adanya defisiensi zat gizi seperti defisiensi vitamin D atau rickets, atau adanya gangguan hormonal seperti hiperparatiroid.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.